Aktivasi 2 Posyandu di ICD Tlogomulyo kota Semarang

ICD Tlogomulyo adalah salah satu daerah binaan atau Integrated Community Depelopment (ICD) CSF dan RZ di Kota Semarang. Di daerah tersebut terdapat 2 posyandu, yaitu Posyandu Melati 1 dan Posyandu Melati 2. Posyandu Melati 1 bertempat di RT 11 dan Posyandu Melati 2 bertempat di RT 9 RW 3 Kel. Tlogomulyo Kec. Pedurungan Kota Semarang.

Masing-masing Posyandu memiliki jadwal yang berbeda pula. Posyandu Melati 1 dilaksanakan setiap tanggal 6 di tiap bulannya, dan Posyandu Melati 2 dilaksanakan tanggal 10 setiap bulannya.

Setiap Posyandu dikelola oleh 5 sampai 7 orang kader. Biasanya di setiap aksi Posyandu dihadirkan pula seorang bidan dari Klinik Pratama RBG RZ terdekat untuk melakukan penyuluhan kesehatan. Selain memfasilitasi Posyandu, Cita Sehat juga rutin melaksanakan pembinaan untuk para kadernya. Materi pembinaan diantaranya pengetahuan mengenai kesehatan ibu dan bayi juga mengenai pelaksanaan Posyandu.

Kegiatan posyandu mencakup 5 pokok kegiatan, yaitu pendaftaran balita, ibu hamil, dan ibu menyusui. Dilanjutkan penimbangan balita dan pencatatan hasil penimbangan. Setelah itu dilanjut dengan penyuluhan dan pelayanan gizi bagi ibu balita, ibu hamil dan ibu menyusui yang biasanya diisi oleh bidan penyuluh dari Klinik Pratama RBG RZ Semarang. Kegiatan Posyandu diakhiri dengan PMT (Pemberian Makanan Tambahan) untuk setiap peserta. Selain pemeriksaan kesehatan balita, ada juga kegiatan lain seperti pelayanan kesehatan, KB, imunisasi dan pojok oralit.

“Para orangtua balita didaerah Tlogomulyo sangat mendukung terlaksananya program ini. Mereka selalu mengikutsertakan anak-anak mereka untuk mengikuti Posyandu. Harapan saya, dengan aktifnya dua Posyandu ini, dapat membuat kondisi kesehatan para balita didaerah Tlogomulyo semakin sehat.”, harap Edy Mustawan, Public Health Cita Sehat Semarang.

Newsroom : Edy, CSF Semarang

Share this:
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *