ALERGI ITU APA SIH ?

Dokter spesialis anak dari Austria, Clemens Pirquet (1874-1929) adalah orang yang pertama kali menggunakan kata alergi pada tahun 1905. Saat itu kata alergi digunakan olehnya untuk menggambarkan reaksi-reaksi yang merugikan dari anak-anak yang diberikan suntikan serum guna melawan infeksi.

Alergi berasal dari bahasa Yunani yakni allos yang berarti berbeda atau berubah dan ergos yang bermakna bekerja atau bereaksi. Jadi alergi adalah reaksi yang berlebihan oleh sistem imun tubuh atas benda benda atau zat zat asing tertentu yang masuk ke dalam tubuh.

Tubuh dari orang yang alergi akan mengenali benda benda atau zat zat asing tersebut dan mengaktifkan sistem imun sehingga mengakibatkan reaksi yang berlebihan. Sementara itu, benda atau zat asing yang menyebabkan alergi disebut zat alergen.

Zat alergen bisa masuk melalui pintu mana saja kedalam tubuh, baik melalui mulut, hidung maupun kulit. 

Beberapa alergi ada yang sangat ringan, sehingga Anda tidak menyadarinya. Namun ada juga beberapa reaksi alergi berat yang bahkan dapat membahayakan nyawa Anda.

Saat mengalami kondisi syok karena alergi atau anafilaksis, seluruh tubuh Anda akan memberikan reaksi yang sangat hebat terhadap penyebab alergi atau alergen. Syok alergi kemungkinan besar akan terjadi setelah mengkonsumsi obat atau makanan yang membuat Anda alergi atau setelah disengat serangga. Syok alergi juga dapat terjadi setelah kulit kontak dengan alergen misalnya latex.  Dalam kondisi tertentu,  Anda dapat mengalami syok saat berolahraga.

Alergi dapat menyerang berbagai bagian tubuh. Gejala-gejalanya bisa timbul dalam hitungan menit hingga beberapa hari setelah kontak dengan alergen.

  1. Sistem pernapasan atas :
    – Hay fever
    – Asma
    – Gejala menyerupai flu (bersin, mendengus)
  2. Mata :
    – Mata merah atau berair
  3. Persendian :
    – Nyeri, meradang
  4. Kulit :
    – Urtikaria (biduran)
    – Ekesema
    – Keringat dingin dan kulit lembab
  5. Lambung dan usus :
    – Diare, gangguan pencernaan, kram perut, mual dan muntah
  6. Sistem saraf pusat :
    – Pusing, pingsan
    – Denyut jantung cepat

Sumber : Majalah HealthGuide esisi 2013, Serba lengkap tentang Alergi

Share this:
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *