Apakah Lingkungan Kerja Anda Sudah Sehat ?

Seringkali kita banyak menghabiskan waktu setiap harinya di lingkungan kerja. Bahkan mungkin hingga sepertiga waktu perharinya. Hal ini tentu saja membuat lingkungan kerja sangat berpengaruh terhadap kondisi kesehatan tubuh kita.

Kondisi lingkungan kerja dikatakan baik atau sesuai apabila manusia dapat melaksanakan kegiatan secara optimal, sehat, aman, dan nyaman. Bekerja optimal bukan hanya didukung oleh kesehatan tubuh saja. Namun, kesehatan lingkungan kerja juga sangat mempengaruhi kegiatan bekerja. Lalu bagaimana sebaiknya kondisi lingkungan kerja itu ? Berikut pemaparannya.

  1. Kondisi Pencahayaan Ruangan.

Pendahayaan yang cukup sangat diperlukan untuk menimbulkan kesan bersih/higienis. Akibat dari kurangnya penerangan di lingkungan kerja juga akan menimbulkan kelelahan fisik dan mental bagi para karyawan seperti gejala sakit kepala (pusing atau pening), menurunnya konsenterasi, dan kecepatan berpikir. Selain itu, pencahayaan yang kurang baik juga akan menimbulkan kesan silau yang dapat menyebabkan lelahnya mata atau bahkan hingga kerusakan mata. Untuk menghindari kondisi tersebut maka pembangunan sebuah tempat kerja itu sebaiknya memperhatikan hal-hal berikut ini :

  • Jarak antar gedung atau bangunan-bangunan lain tidak mengganggu masuknya cahaya matahari ke tempat kerja.
  • Perhatikan jendela dan lubang angin untuk masuknya cahaya matahari yang cukup, sekurang/kurangnya 1/6 daripada luas bangunan.
  • Penerangan tempat kerja tidak menimbulkan suhu ruangan menjadi panas (tidak melebihi 32oC).
  • Sumber penerangan tidak boleh menimbulkan baying-bayang yang mengganggu kerja.
  • Sumbercahaya harus menghasilan daya penerangan yang tetap dan menyebar serta tidak berkedip-kedip.
  • Pemilihan jenis lampu yang tepat, misalnya neon. Lampu nenon kurang menyebabkan silau dibandingkan lampu biasa.

Bunyi adalah sesuatu yang tidak dapat kita hindari dalam kehidupan sehari-hari termasuk di tempat kerja. Bahkan bunyi yang kita dengar merupakan bagian dari kerja, misalnya suara telepon, bunyi mesin tik/computer, mesin cetak dan sebagainya.

Kebisinigan juga ternyata mempengaruhi kesehatan. Antara lain dapat menyebabkan kerusakan panca indra pendengaran sampai pada ketulian.

Disamping itu, kebisingan juga dapat mengganggu komunikasi dan mengganggu konsentrasi pekerja, mengganggu daya ingat dan menyebabkan kelelahan psikologis. Dari hasil penelitian, intensitas bunyi yang dikatakan bising dan yang mempengaruhi kesehatan (pendengaran) adalah diatas 60 dB. Oleh karena itu, bila sahabat sehat bekerja di lingkungan kerja dengan kebisingan lebih dari 60 dB sebaiknya menggunakan alat pelindung telinga guna mencegah gangguan pendengaran.

  1. Bau-Bauan.

Yang dimaksud bau-bauan dalam kesehatan kerja adalah aroma yang tidak enak dan dapat mengganggu kenyamanan kerja. Bau-bauan sebenarnya merupakan jenis pencemaran udara yang tidak hanya dapat mengganggu penciuman tetapi juga dari segi higienis pada umunya.

Pengendalian bau-bauan di ingkungan kerja dapat dilakukan dengan antara lain :

  • Pembakaran terhadap sumber bau-bauan misalnya bakaran butyl alkohol menjadi butarat dan asam butarat.
  • Proses menutupi yang didasarkan atas kerja antagonistis di antara zat-zat yang berbau. Kadar zat tersebut sering menetralkan bau masing-masing. Misalnya bau karet dapat ditutupi atau ditiadakan dengan paraffin.
  • Absorbsi (penyerapan), misalnya penggunaan air dapat menyerap bau-bauan yang tidak enak.
  • Penambahan wewangian pada udara yang berbau agar menjadi netral misalnya penggunaan pengharum ruangan.
  • Alat pendingin ruangan (air conditioning). Disamping untuk menyejukkan ruangan juga sebagai cara deodorisasi (menghilangkan bau-bauan yang tidak sedap) di tempat kerja.

Kondisi pencahayaan, kebisingan dan bau-bauan merupakan tiga aspek yang dapat membentuk lingkungan kerja yang sehat. Jika kondisi tempat kerja sahabat sehat belum menerapkan pengendalian ketiga aspek diatas, maka tidak ada salahnya untuk segera mengajukan saran improvement bagi                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                         perusahaan tempat sahabat sehat bekerja.

Newsroom : Nurul Rahayu

Share this:
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *