BAGAIMANA MERAWAT ANAK YANG TERKENA CACAR AIR ?

Cacar air merupakan salah satu jenis penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus dan akan cepat menular terutama pada anak-anak. Cacar air akan menyebabkan timbulnya benjolan yang berisi air pada seluruh tubuh, gatal dan kulit yang kemerahan.

Infeksi yang menyebabkan cacar air bisa sembuh dalam waktu antara 8 hingga 10 hari. Biasanya cacar air tidak akan langsung muncul dalam bentuk benjolan. Pada dua hari pertama, virus masuk ke tubuh maka aka menyebabkan demam dan kulit berubah menjadi kemerahan. Selain itu, beberapa orang akan mengalami demam, sakit kepala, mual dan tidak nafsu makan.

Gejala cacar air pada hari berikutnya akan timbul benjolan kecil merah yang mulai muncul disertai penurunan demam. Benjolan bisa muncul di semua bagian tubuh dan akan memecah bila sudah akan sembuh. Beberapa benjolan akan mengering sendiri dan berapa akan pecah. Benjolan cacar air yang pecah biasanya akan menyebabkan bekas pada kulit.

Perawatan cacar air biasanya bisa dilakukan dengan rawat jalan. Obat-obatan untuk meringankan demam, sakit kepala dan gejala lain biasanya akan diberikan oleh dokter. Namun perawatan di rumah tetap harus dilakukan untuk menghindari resiko yang lebih parah. Berikut ini adalah beberapa langkah perawatan yang bisa dilakukan oleh para orang tua ketika anak terkena cacar air dikutp dari laman halosehat.

  1. Ingatkan anak untuk tidak menggaruk daerah kulit yang merah dan ruam. Menggaruk kulit hanya akan membuat kulit menjadi panas sehingga lebih baik jika diberikan salep untuk meringankan rasa gatal dan panas.
  2. Ingatkan anak untuk tidak memencet atau menggaruk benjolan kecil yang sudah menjadi cacar. Hal ini untuk mengurangi resiko infeksi, penyebaran cacar ke orang lain dan bekas cacar yang tidak bisa hilang.
  3. Sebaiknya potong kuku anak, jangan biarkan kuku anak panjang agar tidak menyebabkan luka atau infeksi pada cacar air saat tidak sengaja menggaruk bekas luka.
  4. Sebaiknya, kenakan sarung tangan dan pakaian yang tertutup pada anak agar cacar air bisa segera keluar.
  5. Anak juga bisa mandi air soda untuk mengurangi rasa gatal. Campur sedikit baking soda dalam air mandi dan gunakan untuk mandi.
  6. Dilarang untuk memberikan obat sakit kepala karena bisa menyebabkan demam dan sakit yang lebih serius.
  7. Gunakan pelembab pada kulit anak agar kulit yang terkena cacar tidak terlalu kering. Biasanya dokter akan memberikan pelembab berupa salep.
  8. Pastikan anak untuk menggunakan pakaian yang ringan dan tidak membuat kulit menjadi lebih gatal atau panas.
  9. Berikan makanan yang lembut dan hangat agar anak tetap nyaman dan tubuh tidak terlalu lemah.

Jadi Sahabat sehat, jangan panik ya bila buah hati Anda terkena cacar air. Segera periksakan ke dokter dan lakukan langkah perawatan diatas. Semoga bermanfaat.

Newsroom : Nurul Rahayu

 

Share this:
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *