BERAGAM PROGRAM DI KLINIK RBG RZ SIAP SEHATKAN WARGA PEKANBARU

8 Tahun sudah Klinik RBG RZ (Rumah Zakat) melayani segenap masyarakat di wilayah Kota Pekanbaru dan sekitarnya. Klinik RBG RZ Pekanbaru merupakan satu satunya cabang Klinik Pratama RBG RZ di Provinsi Riau yang diresmikan pada hari Sabtu, tanggal 18 April 2009 silam.

Setiap tahunnya, Cita Sehat Foundation sebagai lembaga implementator Rumah Zakat di bidang kesehatan yang bertugas mengelola Klinik tersebut senantiasa melakukan perbaikan dan inovasi – inovasi untuk meningkatkan pelayanan kesehatan. Salah satu inovasi yang diterapkan di Klinik RBG RZ Pekanbaru ialah adanya berbagai program yang digulirkan guna meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Provinsi Riau khususnya Kota Pekanbaru.

“Selain layanan kesehatan poli umum, layanan ambulan gratis 24 jam serta layanan persalinan 24 jam, kami juga menggulirkan 7 program lain yang tentunya bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,” ungkap Emy Susanti, Kepala Klinik RBG RZ Pekanbaru.

Program pertama yaitu Kelas Ibu Hamil. Kelas Ibu Hamil merupakan sebuah program yang berisi kegiatan edukasi untuk ibu hamil yang dilaksanakan setiap pekan dengan agenda yang berbeda-beda. Pekan pertama dan ketiga mEmyliki agenda kajian keislaman khusus ibu hamil, pekan kedua edukasi ibu hamil trimester 1 dan 2. Pekan keempat diisi dengan edukasi ibu hamil trimester 3 dan pelaksanaan senam hamil. Layanan ini diberikan secara gratis khusus untuk member. Sementara untuk non member dipersilakan untuk membayar infak.

“Layanan Kelas Ibu Hamil memang gratis bagi member dan persalinannya juga gratis. Sementara bagi non member diperkenankan untuk membayar infak. Bagi non member yang rutin mengikuti Kelas Ibu Hamil akan mendapatkan reward berupa discount persalinan hingga 300 ribu,” tambah Emy.

Program kedua yaitu program pendampingan UKBM (Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat) yang dilakukan oleh bidan serta perawat yang bertugas di Klinik RBG RZ Pekanbaru. Pendampingan yang diberikan berupa pendampingan kader dalam mengelola Posyandu, pendampingan penanganan balita gizi kurang, pendampingan perawatan lansia dengan diabetes dan pendampingan pendukung lainnya.

Emy menuturkan bahwa Klinik RBG RZ Pekanbaru, tidak hanya menyediakan pelayanan Posyandu dengan imunisasi yang dilakukan setiap tanggal 10 dan 20 saja, tetapi juga dengan pembinaan para kadernya guna meningkatkan kualitas Posyandu tersebut.

Program selanjutnya merupakan program edukasi keislaman khusus member yang diselenggarakan setiap pekan keempat di masjid Al Khairat (200 m dari Klinik). Pada pertemuan tersebut, seluruh member dikumpulkan untuk mendapatkan kajian keislaman bersama Ustadz Rozalina, Lc. Selain itu, ada pula program kajian Islam terkini khusus karyawan Rumah Zakat setiap Hari Selasa pekan ketiga mulai pukul 08.15 – 09.30 waktu setempat.

“Karena kita disini tidak hanya meningkatkan kesehatan jasmani para member saja tetapi juga kesehatan rohani dan keagamaannya juga. Oleh karena itu diadakanlah program kajian keislaman ini,” jelas Emy.

Tak hanya itu, Klinik RBG RZ Pekanbaru juga menggulirkan sebuah program kesehatan lingkungan yaitu Sedekah Sampah Klinik RBG dengan tema “ubah sampah jadi layanan kesehatan gratis mustahik”. Sampah dapat diantar ke klinik RBG RZ Pekanbaru di Jln. Nenas, No. 11 Sukajadi atau bisa dijemput di rumah maupun di kantor jika volumenya cukup banyak. Penjemputan dilakukan oleh mitra jemput sedekah sampah, yaitu member klinik yang berprofesi sebagai tukang kara-kara atau pengumpul barang bekas yang dibina oleh Klinik RBG Pekanbaru.

“Nantinya, uang dari Sedekah Sampah itu digunakan untuk pembelian obat dan peralatan kesehatan bagi para mustahik yang datang ke Klinik RBG RZ Pekanbaru. Untuk Sahabat sehat yang ingin mendaftar caranya gampang tinggal sms atau whatsapp ke nomor 085271271383 dengan format (nama – alamat-no hp aktif),” papar Emy.

Menurut keterangan Emy, pada bulan April tahun ini akan ada program baru yaitu Senam Diabetasi yang dilaksanakan setiap hari Minggu dengan agenda kegiatan yaitu senam dan cek gula darah. Program ini digulirkan dalam rangka menurunkan angka penyakit diabetes di wilayah Pekanbaru.

“Melalui berbagai inovasi program yang ada di Klinik RBG RZ Pekanbaru ini kami harap dapat menjadi sebuah langkah nyata yang kami lakukan dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Kota Pekanbaru khususnya yang berada di wilayah sekitar Klinik yaitu di Kecamatan Sukajadi,” pungkas Emy.

 

Newsroom : Nurul Rahayu

Share this:
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *