BUDAYAKAN MENANAM SAYUR

Pada Minggu, (27/11/16) lalu, warga binaan Cita Sehat di kota Cirebon tepatnya di wilayah RW 09, Sumber melakukan aksi menanam sayuran dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia.

Sejumlah 13 orang warga yang terdiri dari para kader dan relawan RZ menanam berbagai jenis sayuran di lahan kosong milik warga RW 09. Sayuran yang ditanam antara lain tomat, pakcoy, sawi, kacang panjang, cabai rawit dan terong.

Menurut keterangan Lisa, Public Health Cita Sehat Cirebon menyebutkan bahwa kedepannya, kebiasaan menanam sayuran seperti ini akan dijadikan satu kegiatan rutin untuk memberdayakan atau memanfaatkan lahan kosong di sekitar rumah warga.

Media tanam yang digunakan adalah tanah yang sudah dicampur dengan sekam terlebih dahulu. Peralatan yang digunakanpun cukup sederhana yaitu cangkul dan pipa yang sudah dibolongi, serta paku, bambu dan kain berjaring untuk membuat pembatas lahan.

“Selain mengisi waktu luang dengan kegiatan bermanfaat, disini kami juga secara tidak langsung berkontribusi terhadap penghijauan lahan di Indonesia. Semoga kegiatan ini dapat menjadi contoh bagi warga di wilayah lain,” tutur Lisa.

Newsroom : Nurul Rahayu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *