CLUB HIPERTENSI WONG KITO BELAJAR MEMBUAT OBAT TRADISIONAL PENURUN DARAH TINGGI

Palembang. Dalam rangka bersama menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi pada lansia di Kelurahan 13 Ulu, Jln. Fatmajaya lrg Batu. RT 31, RW 06. Cita Sehat, sebagai lembaga implementator dari Rumah Zakat dalam program pemberdayaan kesehatan masyarakat menjalankan kegiatan yang telah disepakati bersama oleh peserta member binaan.

Pada Sabtu, 28 Oktober 2017, Peserta yang berjumlah 15 orang lansia ini mengikuti materi yang disampaikan oleh Ns. Nila S.Kep berkaitan tentang obat traditional. Mulai dari cara pembuatan, aturan makannya serta berapa banyak dalam sehari. Adapun bahan yang disampaikan adalah :

  1. Bawang putih.
    2. Pepaya mengkal.
    3. Daun slendri.
    4. Pisang ambon.
    5. Timun

Dari 5 bahan tersebut terdapat zat yang bisa menurunkan tekanan darah seperti kalium dan diuretik. Zat diuretik dapat berguna menyerap garam berlebih dalam tubuh dan dibuang lewat urin.

Dalam pertemuan ini, peserta pelatihan yaitu para member club hipertensi berkomitmen mempraktekkan dan membuat obat tradisional tersebut dirumah.

“Insyaallah akan dicubo dirumah untuk obat tradisionalnyo, bahannyo jugo dak mahal dan mudah didapet, mokase Rumah Zakat.”, ujar Ibu Esti, salah satu member.

Newsroom : Sugandi, CSF Palembang

Share this:
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *