Desa Binaan Cita Sehat dan RZ Mendapat Kunjungan Menteri Kesehatan

Yogyakarta, (26/10/16). Hari Rabu lalu, Menteri Kesehatan Prof dr Nila F Moeloek SpM(K) mengunjungi salah satu desa binaan Cita Sehat dan RZ yaitu Desa Tamanan, Dusun Kauman, Bantul, Yogyakarta.

Kunjungan ini berlangsung dalam rangka survey lokasi peluncuran program Kementerian Kesehatan yaitu Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Rencananya, Desa Tamanan akan menjadi tempat peluncuran program Germas yang akan dilaksanakan pada tanggal 12 November 2016 mendatang yang diperkirakan akan dihadiri oleh 2.000 peserta masyarakat Bantul.

Menurut keterangan Menkes, program Germas sendiri diselenggarakan sebagai penguatan upaya promotif dan preventif masyarakat. Tujuan Germas antara lain menurunkan beban penyakit menular dan penyakit tidak menular, menghindarkan terjadinya penurunan produktivitas penduduk, dan menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan karena meningkatnya penyakit dan pengeluaran kesehatan.

Selain memantau kondisi Dusun Kauman, Menkes Nila F Moeloek juga melihat perkembangan program-program kesehatan yang dilaksanakan di desa binaan Cita Sehat dan RZ tersebut. Ketua Hakli (Himpunan Tenaga Ahli Kesehatan Lingkungan), Heru Subaris Kasjono, SKM. M.Kes juga menghadiri kegiatan tersebut.

Di akhir kegiatan, dilakukan penyerahan buku program Sedekah Sampah. Buku tersebut ditulis oleh Heru Subaris bersama Senior Manager Cita Sehat Foundation, Dwi Endah, MPH. Berisi tentang profil dan kurikulum program Sedekah Sampah sebagai sarana mencapai kesejahteraan masyarakat.

Newsroom : Afrezah, CSF Yogyakarta

Share this:
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *