Lingkungan yang mendukung dibutuhkan agar masyarakat dapat menerapkan perilaku hidup sehat secara optimal. Berbagai program seperti fasilitasi pengadaan sarana kebersihan lingkungan, pengelolaan sampah dengan metode sedekah sampah dan bank sampah, promosi penggunaan jamban sehat dan rumah sehat menjadi upaya kami untuk menciptakan lingkungan yang sehat.
Salah satu program, yakni sedekah sampah, telah menjadi solusi bagi warga untuk menjaga kebersihan lingkungan sekaligus mendapatkan dana sehat untuk program kesehatan bersama. Dalam 1 bulan, secara rata-rata setiap RT yang kami dampingi yang menerapkan program ini mampu menghasilkan Rp 100.000 hingga Rp 175.000 dari penjualan sampah. Dana ini yang dimanfaatkan untuk operasional posyandu, posbindu, bantuan berobat, dan keperluan kesehatan masyarakat lainnya.

A supportive environment is needed so that communities can implementan optimal healthy life style behaviors. Various programs such as facilitating the procurement of environmental sanitation, waste managementmethods ofthe garbage banksand“sedekah sampah”, the promotionof healthyuse oflatrinesandhealthyhouse becameoureffortstocreate a healthy environment.