HARI POHON SEDUNIA : ASYIKNYA BERKEBUN MENGHIJAUKAN SEKOLAH

Malang, (16/11). Care for Teen (CFT) bersama Relawan Rumah Zakat Malang telah menjadi agenda mingguan di SMP Muhammadiah 6 Malang. CFT dilaksanakan setiap hari kamis dari pukul 14.00 – 15.00 WIB. Tema CFT kali ini adalah Berkebun disekolah yang didampingi oleh dua pemateri yaitu Tulus Supriatin dan Ika Nurul.

Kegiatan berkebun disekolah lebih diutamakan pada praktek dengan memanfaatkan daur ulang sampah botol minum kemasan plastik sebagai tempat menanamnya. Peserta dari siswa kelas 7 sebanyak 25 siswa sangat antusias mengikuti kegiatan sedari awal. Hal ini terbukti dari hasil menanam yang mereka lakukan dengan mengikuti instruksi dari pemateri.

Botol plastik dilubangi dibagian tengahnya lalu diberi kawat agar dapat digantung didinding, setelah itu para siswa mengisi botol dengan media tanam tanah, kompos dan pupuk kambing yang telah dicampurkan. Kemudian mereka menanam tanaman pada masing-masing botol.

Ada beberapa jenis tanaman yang ditanam yaitu tanaman herbal, sayur dan tanaman hias. Tanaman herbal yang ditaman adalah daun mint, daun seledri sebagai tanaman sayur dan tanaman hias berupa bunga petunia. Pot gantung tersebut kemudian digantungkan pada dinding yang telah diberi paku. Berkat kerjasama dan semangat siswa yang tinggi sehingga mampu membuat vertikal garden dengan indah yang membentuk angka 6 sebagai identitas sekolah mereka. Selain indah berkebun di sekolah juga menjadi sarana untuk menghijaukan lingkungan.

“Ternyata berkebun itu menyenangkan”, ujar salah satu siswa. Kegiatan berkebun membuat siswa lebih aktif dan menumbuhkan kecintaan terhadap alam dengan mengenal tanaman dalam berkebun disekolah.

Newsroom : Dwi Yuliani, CSF Malang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *