ICD MOJOSONGO HADIRKAN KOLABORASI ANTARA RAMAH LANSIA DAN SEDEKAH SAMPAH

Solo. Ada yang berbeda dari kegiatan Ramah Lansia di wilayah binaan atau Integrated Community Development (ICD) Mojosongo Kota Solo yang digelar pada Hari Minggu lalu (2/4). Sebelum kegiatan dimulai, para kader beserta para lansia berkumpul merayakan hari jadi Posyandu Lansia Mojosongo yang ke-2.

Bersamaan dengan hari jadi Posyandu Lansia, Cita Sehat sebagai lembaga implementator Rumah Zakat dibidang kesehatan melakukan launching program Klinik Sedekah Sampah. Anto, Public Health Cita Sehat Solo mengatakan bahwa awalnya istilah tersebut mengundang banyak tanya dari para lansia.

“Klinik Sedekah Sampah itu merupakan sebuah program optimalisasi pengelolaan sampah rumah tangga untuk kemudian ditukar dengan layanan cek kesehatan bagi para lansia,” papar Anto.

Dalam kesempatan tersebut, Anto juga menyampaikan bahwa potensi lansia yang besar jumlahnya di wilayah RW 36 Mojosongo yakni mencapai kurang lebih 150 orang ini sangat potensial dan menarik untuk diberdayakan agar para anggota lansia lebih bahagia karena banyak kegiatan dan lebih sehat karena dapat melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin.

Dengan konsep sedekah sampah ini, para lansia diminta untuk melakukan aktivitas pilah sampah di rumah masing masing dan pada saat posyandu disetorkan kepada petugas kesehatan.

“Kami ajak para anggota lansia yang masih sehat bugar untuk turut menyedekahkan sampahnya kepada lansia lain yang membutuhkan cek kesehatan. Jadi tidak harus yang punya sampah, harus cek kesehatan. Tapi memberikan kesempatan bagi yang membutuhkan,” pungkas Anto.

Newsroom : Nurul

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *