JUMANTIK (JURU PEMANTAU JENTIK) KUNJUNGI 100 RUMAH WARGA DI KOTA PADANG

Padang. Cita Sehat Foundation sebagai mitra Rumah Zakat dalam bidang kesehatan kembali melakukan kunjungan Siaga Jumantik, sebuah program yang berupaya mewujudkan lingkungan yang bebas dari jentik nyamuk penyebab penyakit malaria dan demam berdarah.

Pada tanggal 10-11 Juni lalu, Kader Siaga Jentik mengunjungi 100 rumah warga di kawasan Muaro Gantiang, Parupuk Tabing, Kota Padang. Mereka melakukan pemeriksaan jentik di berbagai titik di rumah warga serta memberikan penyuluhan tentang bahaya jentik nyamuk.

“Muaro Gantiang, Parupuk Tabing dipilih sebagai lokasi pemantauan jentik karena lingkungan rumah di daerah itu di tepi pantai sehingga banyak genangan air yang timbul di sekitar rumah warga. Hal itu dapat memancing tumbuhnya jentik,” tutur Tasvo, Public Health Cita Sehat Padang.

Beberapa orang relawan nusantara juga terlibat dalam kegiatan tersebut. Mereka membagikan takjil sehat gratis kepada warga setempat.

“Terima kasih kepada Rumah Zakat. Berkat program ini kami jadi tahu bahaya perkembang biakan jentik nyamuk. Memang betul disini ada beberapa warga yang menderita demam berdarah. Terima kasih juga untuk penyuluhan dan kolak jagunya,” ujar Suharti (42), warga Muaro Gantiang.

Newsroom : Nurul Rahayu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *