KENALI BAGIAN GIGI DAN FUNGSINYA

Tahukah Sahabat sehat, bahwa gigi adalah bagian terkeras yang terdapat dalam mulut kebanyakan hewan vertebrata dan manusia. Gigi memiliki fungsi utama dalam sistem pencernaan yaitu sebagai pengunyah makanan. Selain itu, gigi berfungsi untuk membantu mengucapkan kata-kata dengan jelas, membentuk wajah menjadi harmonis serta untuk kecantikan dan penampilan yang lebih baik. Dibawah ini merupakan bagian-bagian gigi dan fungsinya :

  1. Email adalah bagian terluar dari gigi. Gunanya melindungi bagianbagian dalam gigi dari rangsangan panas dan dingin. Email merupakan jaringan terkeras dari seluruh tubuh kita.
  2. Dentin adalah bagian dalam sesudah email yang berwarna lebih kuning dari email. Disini terdapat ujung-ujung syaraf yang berasal dari pulpa.
  3. Pulpa adalah tempat syaraf-syaraf, pembuluh darah dan pembuluh getah bening dari gigi yang memberi kehidupan pada gigi.
  4. Selaput periodontal (serat selubung akar gigi) adalah serabut-serabut yang menyelubungi akar gigi yang melekat pada cementum dan alveolar. Gunanya untuk menahan tekanan agar tidak langsung mengenai tulang.
  5. Semen/Cementum adalah bagian yang melapisi seluruh permukaan akar gigi
  6. Mahkota Gigi (Korona) : Makhkota gigi (korona atau biasa disebut puncak gigi yaitu bagian yang tampak dari luar. Setiap jenis memiliki bentuk mahkota gigi yang berbeda-beda. 
  7. Akar Gigi (radiks) : merupakan bagian dari gigi yang ada di dalam rahang dan tertananm. Akar gigi sendiri menancap di tulang rahang dengan jumlah satu ataupun dua.

Sumber : Buku Panduan Pelatihan Kader Kesehatan Gigi dan Mulut di Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI, 2012

Share this:
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *