KIAT OLAHRAGA BAGI PENDERITA TEKANAN DARAH RENDAH

Olahraga merupakan suatu bentuk aktivitas fisik yang dapat menjaga daya tahan dan kebugaran tubuh kita. Lalu adakah olahraga yang tepat untuk penderita tekanan darah rendah?

Bagi mereka dengan tekanan darah rendah, memang tak bisa sembarangan melakukan olahraga. Pasalnya, olahraga dapat menimbulkan efek penurunan tekanan darah. Sehingga, penderita akan merasakan beberapa gejala, seperti pusing, kepala terasa ringan, dan kesemutan saat berolahraga.

Namun, ini bukan berarti para penderita tekanan darah rendah tak boleh olahraga sama sekali. Menurut dokter Spesialis Kesehatan Olaharaga, dr Sophia Hage, SpKO, sebetulnya dengan tetap berolahraga secara teratur justru dapat membuat tekanan darah rendah menjadi stabil atau normal. Hal ini disebabkan adanya peningkatan kekuatan otot dan kebugaran jantung serta paru-paru.

“Selain itu, kemampuan jantung untuk memompa darah yang kaya oksigen ke seluruh tubuh menjadi lebih efisien,” ucap dokter yang berpraktek di Klinik Lighthouse Wahid Hasyim tersebut.

Mereka yang bertekanan darah rendah dapat memilih olahraga yang dapat meningkatkan kekuatan organ jantung dan paru-paru, sehingga dapat membuat tekanan darah menjadi normal. Misalnya, renang, jalan cepat, rowing (mendayung), jogging, bersepeda, dan pilates.

Selain itu, juga dapat memilih olahraga yang sifatnya dapat meningkatkan kekuatan otot, yakni latihan beban dengan intensitas ringan dan latihan kalistenik (olahraga yang menggunakan beban tubuh kita sebagai beban untuk latihan). (Dikutip dari lifestyle.kompas.com)

Share this:
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *