KLINIK PRATAMA RBG RZ YOGYAKARTA BERTEKAD MENJADI KLINIK RAMAH LANSIA

Foto diatas merupakan foto Depo Obat di Klinik Pratama RBG Rumah Zakat Yogyakarta. Bentuk ruangan dengan celah tatap muka yang rendah serta dilengkapi dengan kursi, disediakan bagi para pasien lansia yang ingin mengambil obat.

Sejak tahun 2014, Klinik yang juga dikelola oleh Cita Sehat sebagai mitra Rumah Zakat dalam bidang kesehatan tersebut memang berkomitmen untuk mengutamakan faslititas pelayanan bagi pasien lansia.  Hal tersebut dilakukan karena mayoritas pasien yang datang merupakan lansia.

Pada tahun 2016, Klinik RBG RZ Yogyakarta telah melayani hingga 13.583 penerima manfaat yang mayoritasnya merupakan lansia. Hal ini dipengaruhi oleh jumlah penduduk lansia di Yogyakarta yang tinggi. Data dari Komite Lanjut Usia Kota Yogyakarta menyebutkan bahwa jumlah penduduk lanjut usia di Yogyakarta pada tahun 2017 mencapai 10 persen dari total penduduk atau sekitar 42.000 jiwa.

“Kami terus bertekad menjadikan Klinik RBG RZ Yogya menjadi klinik yang ramah lansia baik dari segi sarana prasarana, sistem serta layanan yang intangible. Dalam bab pemberdayaan pasien lansia juga sudah dilakukan yaitu taklm. Besar mimpi kami untuk bisa ke level yang lebih tinggi seperti menjadi agen penggerak lansia sehat di lingkungan rumahnya atau bab ekonomi dalam hal kesejahteraan. Namun hal tersebut masih menjadi impian jangka panjang karena harus banyak bersinergi dengan para pihak yang bersinggungan,” pungkas Ratna.

Newsroom : Nurul Rahayu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *