KLINIK RBG RZ YOGYA BERKOMITMEN TINGKATKAN FASILITAS RAMAH LANSIA

Klinik Rumah Bersalin Gratis (RBG) Rumah Zakat (RZ) merupakan salah satu Klinik yang dikelola oleh Cita Sehat Foundation, sebagai mitra Rumah Zakat dalam bidang kesehatan. Klinik yang telah berdiri sejak tahun 2007 ini berada di Jln. Parangtritis KM 10, Desa Timbulharjo, Kec. Sewon, Kab. Bantul.

Pada tahun 2016, Klinik RBG RZ Yogyakarta telah melayani hingga 13.583 penerima manfaat yang mayoritasnya merupakan lansia. Hal ini dipengaruhi oleh jumlah penduduk lansia di Yogyakarta yang tinggi. Menurut data Pemerintah DIY, dari populasi masyarakat di DIY yang mencapai 3,6 juta orang, sekitar 14,68% yakni kurang lebih 528.480 jiwa merupakan lansia.

Dengan latar belakang tersebut, Klinik RBG RZ Yogyakarta mulai memberi perhatian kepada para pasien lansia dengan mulai berupaya memberikan pelayanan kesehatan yang ramah lansia. Langkah ini sudah diinisiasi sejak 2014/2015 dengan sedikit inovasi dalam memberikan layanan edukasi resep yang sedikit berbeda dari pasien lain di bagian farmasi. Yaitu, Apoteker membantu menyatukan jenis obat yang frekuensi konsumsinya sama. Sehingga mengurangi kebingungan atau lupa pada pasien lansia dalam mengkonsumsi obatnya. Hal ini rentan terjadi pada pasien lansia yang tidak didampingi keluarga.

Demografi pasien yang berkunjung ke Klinik RBG ini memang betul mayoritasnya adalah lansia. Mereka datang dengan keluhan seputar penyakit degenaratif, hipertensi, diabetes mellitus, pegal sendi dan lain-lain. Berangkat dari hal tersebut, kita ingin menciptakan sebuah Klinik yang ramah terhadap lansia terutama bab pelayanannya,” tutur Ratna Kusumaningsih, SKM, kepala Klnik RBG RZ cabang Yogyakarta.

Selain layanan di farmasi tersebut, ada beberapa upaya lain yang mendukung pelayanan ramah lansia. Mulai dari menambah fasilitas infrastruktur handrail yang bertujuan menghindarkan pasien lansia terjatuh pada lorong menurun dan terpeleset ketika di kamar mandi. kemudahan akses para calon pasien lansia dengan fasilitas antar jemput pasien yang hendak periksa ke klinik. Selain itu juga memberikan wadah pembinaan keagamaan atau taklim bagi kelompok pasien lansia di pekan ketiga setiap bulannya. Dengan harapan selain semakin sehat jasmani, juga sehat rohani.

 “Jadi, para kader di wilayah sekitar klinik yang juga binaan Rumah Zakat dan Cita Sehat biasanya mendata lansia yang hendak berobat. Nah nanti pihak kader menghubungi kita di nomor kontak 0274-6462632 untuk mengantar jemput lansia menggunakan ambulan. Selain itu bisa juga untuk home visit pasien, menanyakan jadwal dokter atau bertanya informasi seputar layanan,” jelas Ratna.

Dalam segi sarana prasarana, Klinik RBG RZ Yogyakarta senantiasa melakukan perbaikan dan peningkatan fasilitas yang ramah terhadap lansia. Secara sistem, bagian Rekam Medis & Front Office (RMFO), perawat, edukasi konsultasi dokter serta bagian farmasi telah diarahkan untuk melayani dengan ramah. Selain itu, bagi pasien lansia, Klinik RBG RZ Yogyakarta menerapkan sistem antrian tanpa jeda.

“Kami masih harus banyak belajar terkait klinik ramah lansia terutama bagaimana langkah penerapan yang memang sesuai dengan kebutuhan dan local wisdom yang ada di Yogyakarta khususnya di wilayah Sewon, Bantul. Kami terus bertekad menjadikan Klinik RBG RZ Yogya menjadi klinik yang ramah lansia baik dari segi sarana prasarana, sistem serta layanan yang intangible. Dalam bab pemberdayaan pasien lansia juga sudah dilakukan yaitu taklm. Besar mimpi kami untuk bisa ke level yang lebih tinggi seperti menjadi agen penggerak lansia sehat di lingkungan rumahnya atau bab ekonomi dalam hal kesejahteraan. Namun hal tersebut masih menjadi impian jangka panjang karena harus banyak bersinergi dengan para pihak yang bersinggungan,” pungkas Ratna.

Newsroom : Nurul Rahayu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *