LUPUS ITU APA SIH ?

Lupus adalah penyakit autoimun kronis (istilah yang digunakan saat sistem imunitas atau kekebalan tubuh seseorang menyerang tubuhnya sendiri) yang dapat merusak bagian tubuh manapun (kulit, sendi, dan / atau organ tubuh). “Kronis” berarti tanda dan gejala cenderung bertahan lebih lama dari enam minggu dan seringkali selama bertahun-tahun.

Seorang penderita lupus mengalami masalah dengan sistem antibodi atau kekebalan tubuhnya yang bertugas untuk melawan virus, bakteri dan kuman. Penderita lupus mengalami “autoimunitas” yang artinya sistem kekebalan tubuh yang tidak dapat membedakan antara virus, kuman, bakteri ataupun zat yang bermanfaat bagi tubuh. Akibatnya, ia menciptakan autoantibodi yang menyerang balik ke jaringan tubuh penderita lupus. Autoantibodi ini menyebabkan peradangan, nyeri, dan kerusakan di berbagai bagian tubuh.

Penyakit ini tidaklah menular. Lupus bisa berkisar dari ringan sampai yang mengancam jiwa dan harus selalu diobati oleh dokter. Dengan perawatan medis yang baik dan benar, kebanyakan penderita lupus dapat menjalani kehidupan dengan baik dan sehat.

Sumber : resources.lupus.org

Share this:
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *