MANJURNYA DAUN KEMANGI UNTUK OBATI BERBAGAI PENYAKIT

Sahabat sehat pasti sudah tak asing lagi dengan jenis lalapan yang satu ini. Memiliki bunga pada ujung batangnya dan berbau aromatik. Yap, daun kemangi.

Daun kemangi memiliki banyak kandungan yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Daun kemangi mengandung zat-zat yang dapat dijadikan sebagai obat herbal pada pengobatan alternatif dalam menangani beberapa gangguan kesehatan, seperti :

  1. Daun kemangi dapat melancarkan aliran darah. Mengkonsumsi daun kemangi dapat melancarkan aliran darah karena kandungan magnesium yang terdapat dalam kemangi membantu membuat pembuluh darah dan jantung menjadi rileks, dan aliran darah dalam tubuh akan tetap lancar.
  2. Daun kemangi berfungsi untuk mencegah adanya kemandulan. Ternyata kemangi memiliki kandungan zat arginin yang berfungsi untuk membuat daya hidup sperma semakin kuat, tentu nya untuk mencegah kemandulan.
  3. Untuk menjaga kesehatan organ jantung. Selain terdapat kandungan zat arginin, kemangi juga mengandung magnesium dan juga beta karoten untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan Protein dalam kemangi juga dipercaya dapat menurunkan badan serta mengatur kerja jantung.
  4. Obat ampuh atasi sariawan. Jika Sahabat sehat terkena sariawan, cobalah untuk mengobati sariawan dengan daun kemangi. Kunyahlah daun kemangi dan telan lalu minum air hangat, lakukan 3 kali sehari dan sariawanpun dijamin akan hilang.
  5. Meningkatkan kekebalan tubuh. Untuk memperbaiki sistem kekebalan tubuh dapat dilakukan dengan menkonsumsi khasiat daun kemangi. Hal ini terbukti karena kemangi mengandung beta karoten yang berfungsi untuk meningkatkan respon antibodi, beta karoten juga dapat memperbaiki sel-sel yang rusak.
  6. Membantu perkembangan tulang. Kemangi memiliki kandungan fosfor dan kalium yang baik yang dapat membantu proses pembentukan dan perkembangan tulang serta mencegah osteoporosis.
  7. Obat panu. Manfaat lain dari daun kemangi adalah untuk mengobati panu. Panu juga bisa disembuhkan dengan cara menghaluskan daun kemangi yang harus di cuci bersih, campurkan dengan sedikit kapur sirih dan oleskan pada bagian yang terkena panu.
  8. Mengatasi demam. Kemangi dipercaya mengandung vitamin C dan antioksidan yang cukup tinggi. kedua zat ini dapat memberikan sistem imun pada tubuh dan mengatasi demam pada tubuh. Caranya cukup mudah campurkan saja perasan daun kemangi dengan jus buah kemudian minum secara teratur.
  9. Menurunkan efek nikotin. Bagi para perokok berat, manfaat daun kemangi selain menghilangkan bau mulut akibat rokok, daun ini juga mampu memperbaiki kerusakan sel akibat efek dari nikotin. Hal ini disebabkan daun kemangi memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi, sehingga sangat baik juga untuk menurunkan stress, mencegah penyakit diabetes serta mengatasi batu ginjal.

Ternyata selain sebagai lalapan dan penambah rasa pada makanan, kemangi juga memiliki berbagai manfaat yang baik bagi kesehatan. Ternyata, obat untuk berbagai penyakit sudah terdapat di alam ya Sahabat sehat. Hal ini tentu saja sangat bermanfaat apabila kita menggunakannya dengan bijak.

 

Sumber : dikutip dari laman sehatnesia dan PDPERSI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *