MENDENGKUR  

MENDENGKUR (‘ngorok’)  adalah suara yang dihasilkan oleh getaran langit-langit lunak di rongga mulut selama tidur. Suara dengkuran bisa kasar atau seringkali nyaring tetapi bisa juga lembut dan biasanya individu yang mengalaminya, tidur dalam keadaan mulut terbuka. Mendengkur lebih banyak dijumpai pada laki-laki.

Umumnya seseorang akan mendengkur jika saluran napasnya sebagian tersumbat (misalnya karena flu, rinitis alergi, amandel yang membesar). Keadaan ini biasanya tidak berbahaya meskipun ada kalanya mendengkur merupakan suatu gejala sleep apnea atau nafas terhenti sementara ketika tidur.

Penyebab :
Getaran langit-langit lunak di rongga mulut disebabkan oleh sumbatan sebagian saluran udara. Sumbatan ini biasanya disebabkan oleh ; infeksi misalnya flu, rinitis alergi, pembesaran amandel ; kelainan bawaan misalnya lidah yang besar, saluran udara yang sempit ; hilangnya tonus otot yang menjaga lubang saluran udara ; obesitas ; alcohol, obat tertentu, merokok ; pertumbuhan misalnya polip hidung dan tumor lidah.

Apa yang dapat anda lakukan ?
Jangan tidur dalam posisi terlentang tetapi tidur miring, kurangi berat badan jika kelebihan berat badan, olahraga secara teratur, hindari alcohol, berhenti merokok, dan hindari obat tidur.

Sumber : HealthGuide Edisi 2013

Share this:
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *