MENGUNGKAP MANFAAT OLAHRAGA BAGI KEMAMPUAN OTAK

Olahraga memang dikenal sebagai aktifitas fisik yang memiliki banyak manfaat. Tapi tahukah Anda, jika olahraga rutin juga memberikan efek terhadap kemampuan otak ? Berikut penjelasannya.

  1.  Meningkatkan Memori

Hasil penelitian pada anak-anak dan orang dewasa menunjukkan pertumbuhan struktur otak yang sejalan dengan kebugaran tubuh. Temuan ini menjelaskan adanya efek peningkatan memori dan peningkatan kebugaran kardiovaskular dari berolahraga.

  1. Membantu Berkonsentrasi

Selain meningkatkan memori, latihan juga dapat meningkatkan konsentrasi sehingga Anda lebih fokus saat mengerjakan sesuatu. Selain itu juga lebih mudah mengabaikan gangguan dan mampu melakukan multitasking.

  1. Perlambatan Penurunan Fungsi Kognitif

Latihan selama 30 – 45 menit dengan berjalan cepat, tiga kali seminggu, dapat membantu menangkal timbulnya demensia. Tidak hanya itu, latihan untuk meningkatkan keseimbangan, koordinasi dan kelincahan memberi dampak positif yang besar pada struktur otak dan fungsi kognitif dari sekelompok besar orang-orang usia lanjut di Jerman.

  1. Membantu Mengendalikan Emosi

Latihan fisik secara rutin dapat mengendalikan emosi, baik untuk perasaan marah, sedih dan bahagia serta menimbulkan penurunan stres emosional dan peningkatan kemampuan pengendalian emosi.

  1. Menurunkan Risiko Berbagai Penyakit Dimensia

Berbagai studi epidemologi telah membuktikan bahwa latihan secara rutin memberikan efek positif terhadap penurunan risiko berbagai penyakit seperti Alzheimer dan Parkinson.

Sumber : Tri Oktariani Putri, A.Md.Gz (Indonesia Fitness Trainer Association)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *