MENJADI INDONESIA

 

 

 

 

 

 

Terlahir di Indonesia berarti bersaudara dengan 1.128 suku bangsa. Menggunakan bahasa Indonesia dalam komunikasi di tengah-tengah masyarakat yang memiliki 746 bahasa daerah merupakan pengalaman yang luar biasa.

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang 258,7 juta penduduknya memilih bersatu dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika. Sebagai negara yang berhasil memperjuangkan kemerdekaan dengan kekuatan sendiri, bangsa Indonesia bersatu karena kesamaan sejarah dan kebersamaan dalam menghadapi tantangan sejarah masa kini.

Menurut Spivak, identitas dan pandangan hidup merupakan konsep yang apabila dipikirkan secara mendalam, kamu akan percaya bahwa kamu adalah apa yang kamu perjuangkan, (1996: 21).

Pagi di Indonesia adalah udara segar bulan Agustus di puncak Gunung Prau. Hamparan sabana dengan bukit-bukit sebagai penghiasnya sangat sulit untuk takdisebut indah. Di Candi Borobudur, matahari terbit menghangatkan jiwa dengan lanskap alam pegunungan Merbabu yang menjernihkan mata. Senja di Indonesia adalah hamparan langit keemasan di Pantai Losari.

Nyanyian burung, keceriaan anak-anak pantai, dan deburan ombak mengiringi matahari terbenam. Kekayaan alam ini merupakan anugrah yang membuat seorang BJ Habibie menolak tawaran menjadi warga negara kehormatan dari Jerman. “Sekalipun menjadi warga negara Jerman, kalau suatu saat tanah air memanggil, maka paspor Jerman akan saya robek dan saya akan kembali ke tanah air,” katanya (Habibie & Ainun, 2010).

DIRGAHAYU INDONESIAKU. Kami berjanji akan terus bersatu mewujudkan #IndonesiaBaik.

Share this:
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *