MENYULAP SAMPAH PLASTIK MENJADI BUAH TANGAN MENARIK

Ini dia hasil kreasi warga binaan Rumah Zakat dan Cita Sehat di wilayah Mojosongo Kota Solo. Ada bermacam-macam benda diantaranya tas, dompet, hiasan dinding dan bunga. Cantik-cantik bukan ?

Mereka membuat kerajinan diatas dengan sampah-sampah plastik hasil sedekah para warga Mojosongo. Bekerja sama dengan Komunitas Kresek, sampah tersebut disulap menjadi kreasi-kreasi cantik yang tak hanya memiliki fungsi namun juga bernilai jual.

“Kita juga menjualnya namun, uang tersebut bukan kembali menjadi milik pribadi. Tapi disini kita gunakan untuk uang kas kampung, operasional dan dana sehat. Dana sehat itu adalah dana yang digunakan untuk mendukung program kesehatan misalnya senam, PMT Posyandu, cek kesehatan dan sebagainya. Tentunya dana tersebut kembali kepada masyarakat.”, tutur Anto, Public Health Cita Sehat Solo.

Pertemuan kreasi Sedekah Sampah ini dilakukan satu bulan sekali. Para warga yang sebelumnya telah diajari bagaimana cara memilah sampah, mengumpulkan sampah plastik mereka untuk di daur ulang.

Newsroom : Nurul Rahayu

Share this:
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *