MITOS ATAU FAKTA ? MAKAN DAGING KAMBING BISA OBATI ANEMIA

Banyak orang meyakini daging kambing bisa meningkatkan tensi atau tekanan darah. Oleh karenanya, sumper pangan yang selalu berlimpah di Hari Raya Kurban ini banyak direkomendasikan untuk darah rendah. Manjurkah?

Praktisi keseharan dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD mengingatkan ada bermacam-macam penyebab tekanan darah rendah. Di antaranya karena perdarahan, kurang tidur dan kelelahan.

Di masyarakat, mitos bahwa daging kambing bisa meningkatkan tekanan darah tidak disertai pemahaman tentang berbagai penyebab yang pada masing-masing orang belum tentu sama. Bahkan para banyak kasus, tekanan darah rendah berhubungan juga dengan masalah jantung.

“Kalau tensi turun karena gangguan jantung, konsumsi daging kambing yang berlebihan justru akan fatal dan memperburuk keadaan,” kata dr Ari yang juga seorang konsultan saluran cerna ini, dalam emailnya kepada wartawan, seperti dikutip Minggu (5/10/2014).

Daging kambing membuat tekanan darah meningkat dengan beberapa cara. Salah satunya karena menghasilkan kalori tinggi melalui lemak yang dikandung maupun dihasilkannya.

“Dalam 100 gram daging kambing yang disate bisa menghasilkan energi 150 kalori. Kalori yang masuk ini akan diubah menjadi lemak tubuh,” kata pakar gizi dari RS CIpto Mangunkusumo, Dr dr Saptawati Bardosono, MSc seperti diberitakan detikHealth sebelumnya.

Pendapat lain mengatakan, peningkatan tekanan darah yang terjadi saat makan daging kambing lebih berhubungan dengan garam. Hampir tidak ada masakan daging kambing, atau masakan apapun pada umumnya, yang tidak menggunakan garam. Kelebihan garam selalu dikaitkan dengan hipertensi.

Tekanan darah dikatakan rendah jika angkanya berada di bawah 90/60 mmHg. Kondisi ini dikenal pula dengan istilah hipotensi, kebalikan dari hipertensi yang berarti tekanan darah tinggi.

Sumber : health.detik.com

Share this:
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *