PILIHAN OLAHRAGA BAGI PENDERITA TEKANAN DARAH TINGGI

Olahraga menjadi salah satu cara untuk kita menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat dan bugar. Lalu, olahraga jenis apa yang tepat bagi penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi ? Berikut penjelasannya :

Aerobik.
Latihan aerobik berpengaruh besar pada tingkat tekanan darah Anda. Aerobik   termasuk berjalan, berlari dan hiking, bersepeda, berenang, dan zumba dapat Anda pilih.  Lakukan minimal 30 menit aktivitas aerobik dalam satu hari.

Latihan beban

Meskipun latihan ini dapat menyebabkan lonjakan tiba-tiba pada tekanan darah, tetapi terdapat manfaat jangka panjang. Pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan latihan beban. Cek tekanan darah sebelum melakukannya ya!

Teknik pernapasan

Berdasarkan penelitian yang dipublikasi dalam American Journal of Hypertension, seseorang dapat mengatur tingkat tekanan darah dengan cara melakukan teknik pernapasan. Teknik pernapasan merupakan cara paling mudah dan efektif untuk membantu Anda mempertahankan tekanan darah normal.

Renang

Berenang juga bisa menjadi pilihan. Lakukan selama 30 menit untuk mengurangi jumlah adrenalin yang beredar dalam tubuh dan melemaskan pembuluh darah. Kolam juga dapat membantu menurunkan denyut nadi dan tekanan darah rendah.

Perhatikan Reaksi Tubuh

Saat Anda berolahraga, perhatikan bagaimana rasa tubuh Anda.

  • Berkeringat, sulit bernapas, dan denyut jantung yang meningkat saat Anda melakukan latihan aerobik juga merupakan hal yang normal.
  • Apabila Anda merasa sangat sulit bernapas, atau merasa jantung Anda berdetak terlalu cepat atau tidak normal, perlambat atau istirahat.
  • Hentikan olahraga apabila Anda merasa nyeri pada dada, lemah, pusing, berkunang-kunang, atau tekanan atau nyeri pada leher, lengan, rahang, atau bahu.
  • Hubungi dokter atau carilah rumah sakit (IGD) segera apabila gejala ini tidak cepat menghilang, atau apabila terjadi lagi.

Sumber : p2ptm.kemkes.go.id

Share this:
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *