RUMAH ZAKAT DAN CITA SEHAT GELAR ROADSHOW SEBAR (SEKOLAH BEBAS ASAP ROKOK)

Yogyakarta. Rumah Zakat dan Cita Sehat sebagai lembaga mitra implementator kesehatan menggelar roadshow SEBAR atau Sekolah Bebas Asap Rokok di wilayah binaan Sewon, Bantul Yogykarta.

Adalah SMP 2 Sewon, sekolah pertama yang dikunjungi tim Rumah Zakat dan Cita Sehat bersama beberapa anggota Relawan Nusantara Yogyakarta. Kunjungan tersebut dilakukan pada Senin, 8 Januari 2018.

“Acara roadshow ini merupakan yang kedua kalinya yang kita adakan. Perbedaannya terletak pada sasaran kegiatan. Kemarin itu di Sekolah Dasar sekarang di SMP, SMA ataupun karang taruna,” tutur Alfian, Public Health Cita Sehat Bandung.

Rangkaian kegiatan roadshow dilakukan usai upacara pengibaran bendera. Seluruh siswa berkumpul di lapangan serta di kelas untuk mendengar edukasi mengenai rokok yang disampaikan oleh Alfian.  Usai pemberian edukasi, Alfian mengajak para siswa untuk menonton film mengenai bahaya rokok dan mengajak mereka melakukan simulasi bahaya rokok dalam tubuh.

“Mereka sangat antusias menyimak simulasi yang kami lakukan. Planning kami hingga saat ini inshaAllah akan mengunjungi l7 sekolah yang ada di Kecamatan Sewon,” papar Alfian.

Di akhir kegiatan para siswa menandatangani selembar kertas sebagai tanda para siswa bahwa mereka berkomitmen untuk tidak merokok pada selembar kertas.

“Terimakasih kaka dari Rumah Zakat sudah mengajari kami tentang bahaya rokok. Sekarang saya lebih tahu tentang bahaya rokok itu sendiri,” ujar Keisha Diarin Dafa (13), siswi kelas 8 E SMP Negeri 2 Sewon.

Newsroom : Nurul Rahayu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *