SENYUM ITU BANYAK MANFAATNYA !

Senyum adalah salah satu cara termudah dan termurah untuk meningkatkan kesehatan, memperbaiki mood, bikin umur panjang, dan bahkan menambah kebahagiaan Anda. Senyuman memang lebih dari sekadar tanda bahwa Anda sedang gembira. Bahkan senyum tidak harus tulus supaya bisa memberi efek positif, tetapi tetap senyum tulus ialah yang paling baik. Ini dia beberap amanfaat tersenyum yang dilansir dari deherba.

  1. Detak jantung lebih lambat.
    Tersenyum memperlambat detak jantung serta merilekskan tubuh. Hal ini memungkinkan jantung tidak bekerja terlalu keras. Orang yang sering tersenyum dan tertawa lebih sanggup menghindari penyakit jantung. Tersenyum juga dapat mengurangi tekanan darah.
  2. Mengurangi stres.
    Stres adalah masalah umum di dunia modern yang menyebabkan segudang problem kesehatan. Anda bisa meredakan stres cukup dengan lebih sering senyum di sepanjang hari. Tersenyum melepaskan hormon endorfin yang mampu mengurangi dan menyingkirkan hormon stres.
  3. Mood yang lebih baik.
    Hormon endorfin juga mampu memperbaiki suasana hati Anda. Merasa sedih? Paksakan diri untuk tersenyum, meskipun itu tidak tulus pada awalnya namun mood Anda di sepanjang hari itu pasti jadi lebih baik.
  4. Meningkatkan produktivitas.
    Tersenyum dan tertawa mampu memotivasi para pekerja untuk bekerja lebih keras setelah mereka menikmati momen-momen yang menghibur.
  5. Mendapatkan kepercayaan.
    Berbagai penelitian memperlihatkan bahwa seseorang bisa terlihat lebih terpercaya apabila ia murah senyum. Kepercayaan adalah faktor penting dalam membangun hubungan yang sehat dengan sesama. Dan dengan memiliki teman yang bisa diandalkan tentu akan membantu mengurangi stres beban pikiran.
  6. Menghasilkan empati.
    Saat merasa malu atau ketahuan melakukan sesuatu yang aneh, seringkali respon pertama Anda adalah tersenyum. Respon refleks ini bisa meredam ketegangan yang terjadi dan mendorong orang lain untuk berempati atau memaklumi karena semua orang pasti pernah melakukan sesuatu yang memalukan.
  7. Meredakan rasa sakit.
    Manfaat senyum yang berikutnya ialah untuk mengurangi rasa sakit. Hormon endorfin yang dilepaskan saat tersenyum dapat membuat rasa sakit berkurang.
  8. Meningkatkan konsentrasi.
    Stres membatasi cara pandang dan mengurangi fokus Anda. Sebuah senyuman bisa memulihkan kemampuan berkonsentrasi dan mempermudah untuk menyelesaikan berbagai tugas sekaligus di waktu bersamaan.
  9. Terlihat lebih muda.
    Senyum secara alami mengangkat otot-otot wajah dan berbagai penelitian menunjukkan bahwa orang yang tersenyum tampak lebih muda sekitar 3 tahun dari usia aslinya.
  10. Menguatkan sistem kekebalan tubuh.
    Senyum membantu tubuh jadi rileks dan hal ini memungkinkan sistem kekebalan tubuh untuk bereaksi lebih cepat dan lebih efektif dalam melawan infeksi penyakit.

 

Share this:
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *