Siaga Posyandu Makassar, dari Pemeriksaan hingga Edukasi Kesehatan Balita

Makassar, (27/10/16). Siaga Posyandu kembali hadir di kota Makassar tepatnya di RW 05, Rappokalling.

Kegiatan Siaga Posyandu diselenggarakan oleh Cita Sehat bersama RZ dengan tujuan membantu para orang tua untuk memantau kesehatan buah hatinya. Kegiatan ini rutin diadakan di desa-desa binaan Cita Sehat dan RZ yang saat ini berjumlah 150 daerah binaan tetap.

Ada yang berbeda dalam penyelenggaraan Siaga Posyandu di Makassar. Jika biasanya Posyandu dilaksanakan di tempat khusus, Puskesmas atau balai pertemuan warga, di Makassar khususnya di Rappokaling Siaga Posyandu dilaksanakan di rumah warga secara bergantian di masing-masing RT. Hal ini sudah disepakati sebelumnya oleh kader dan masyarakat dikarenakan lokasi Puskesmas sangat jauh dan tidak semua warga memiliki kemudahan akses untuk menuju kesana.

Kali ini, giliran rumah Ibu Asma Rauf, warga RT 02 Jln. Dg.Tantu yang dijadikan sebagai tempat berlangsungnya Siaga Posyandu. Meskipun tak seluas gedung Puskesmas, tapi jumlah peserta Siaga Posyandu ini tidak pernah sedikit. Hari ini pun jumlah peserta Posyandu mencapai 91 balita.

Kegiatan dilaksanakan seperti biasa. Dimulai dengan administrasi, lalu pengukuran tingga badan dan berat badan, pemeriksaan kesehatan, pengisian buku KMS, pemberian makanan tambahan lalu sosialisasi tentang kesehatan balita.

“Saya rutin membawa anak ke Siaga Posyandu. Para kadernya ramah, ada sosialisasi juga untuk tambahan ilmu. Jadi tidak perlu jauh-jauh ke Puskesmas lagi. Terimakasih Cita Sehat dan RZ telah mempermudah warga sini untuk mendapat fasilitas kesehatan.”, tutur Ibu Kasma (30), ibu dari salah satu peserta Posyandu.

Newsroom : Salmiah, CSF Makassar

Share this:
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *