TIM SIAGA SEHAT SAMBANGI SDN 19 SIAK HULU PEKANBARU

Pekanbaru, (25/2). Tim Siaga Sehat dari RZ dan Cita Sehat Foundation pada Sabtu lalu menyambangi SD Negeri 19 Siak Hulu, Kab. Kampar, Kota Pekanbaru. Kunjungan tersebut dalam rangka melakukan penyuluhan kesehatan kepada para siswanya.

Sejak pagi, siswa kelas I sampai VI melakukan olahraga bersama. Setelah itu, mereka melakukan GPS  atau Gerakan Pungut Sampah. Mereka mengumpulkan sampah-sampah plastik seperti botol minuman yang ada di area sekolah. Setelah terkumpul, mereka memasukan sampah ke dalam plastic besar yang ditaruh di depan lapang.

“Gerakan Pungut Sampah atau GPS itu sekaligus mengajarkan mereka untuk disiplin membuang sampah pada tempatnya,” ungkap Rizki Amelia, PIC kegiatan.

Usai istirahat sejenak, para siswa berkumpul di lapangan untuk mendengarkan penyuluhan kesehatan yang disampaikan oleh Bidan Amel. Ia menyampaikan materi tentang cacingan atau Ascariasis.

“Cacingan atau ascariasis adalah infeksi yang disebabkan oleh cacing Ascaris lumbricoides yang hidup di usus manusia. Nah penyakit ini memang sering terjadi pada anak-anak loh. Maka dari itu kalian harus waspada terhadap kebersihan, karena kebersihan merupakan salah satu aspek atau medis penular larva cacing tersebut,” papar Bidan Amel yang membuat para siswa bergidik ketakutan.

Bidan Amel juga menjelaskan cara pencegahan terhadap penyakit cacingan. Harapannya, dengan adanya penyuluhan ini dapat mengurangi angka penderita cacingan khususnya pada anak-anak di Kota Pekanbaru terutama di wilayah Kampar.

 

Newsroom : Nurul Rahayu

Share this:
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *