Berbagai program peduli lingkungan pada peringatan world environment day 2015

Telah tampak kerusakan di darat dan dilautan disebabkan karena perbuatan tangan manusia supaya Alloh menjadikan mereka merasakan sebagian dari (akibat) perbuatan mereka agar mereka kembali kejalan yang benar (Qs Rum 41)

Menjadi janji Tuhan,  manusia akan merasakan akibat dari pengrusakan terhadap alam, masalah pemanasan global terasa begitu mengancam berbagai macam sector, gangguan system ekosistem, pertanian hingga menggangu terhadap system transportasi.

Cita sehat bersama RZ cabang Bandung memiliki inisiatif berbagai  program kepedulian lingkungan dalam rangka hari lingkungan hidup sedunia. Gempita Bergizi, Gerakan Masyarakat Peduli Tanaman Bergizi, sebuah program pemberdayaan masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan hidup. Kegiatan ini dicanangkan di RW 11 Riung Bandung, masyarakat tidak hanya menanam tetapi turut merawat. Tanaman yang menjadi pilihan adalah tanaman pangan yang dapat dikonsumsi oleh warga sehingga member nilai tambah asupan gizi dan meningkatkan ketahanan pangan warga.

hlhs_bdg5 HLHS_Bdg1

Di wilayah lain di kota Bandung di RW 01 kelurahan Rancabolang  dicanangkan program SKS (sampah ku sehat)  sebuah kegiatan pemberdayaaan program posyandu, BKL (bina keluarga Lansia) dan BKR (bina keluarga remaja). Ibu-ibu yang datang ke posyandu diminta untuk membawa sampah plastic dan sampah kertas di rumah untuk di tukar dengan PMT yang dikelola oleh BKR. Sampah yang terkumpul ada yang di jual dan ada yang di olah lansia sebagai bagian dari therapy aktifitas  untuk di daur ulang dan menghasilkan kerajinan tangan yang memiliki ekonomis yang tinggi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *