CARE FOR TEENS MALANG BERSAHABAT BAIK DENGAN SAMPAH

Malang, (14/9). Kegiatan Care For Teen hadir kembali di Auditorium SMP Muhammadiyah 6 Malang, kali ini siswa belajar peduli dengan lingkungan sekitar yang kerap dihadiri bertumpuk-tumpuk sampah karena kurang rasa peduli dengan kebersihan lingkungan sekolah. Kali ini materinya tentang pengelolaan sampah sangat penting sekali siswa dikenalkan dan diajak untuk peduli dengan kebersihan lingkungan sekolah yang sumber pemicunya adalah sampah.

Sampah merupakan salah satu permasalahan utama di Indonesia. Tidak hanya di kota tetapi juga di desa. Kebiasaan masyarakat membuang sampah sembarang menimbulkan banyak masalah lingkungan. Oleh karena itu pengelolaan sampah yang baik dan benar perlu diperhatikan dan ditanamkan kepada para siswa. Agar mereka mampu menjadi terbiasa untuk membuang sampah pada tempatnya dan memilah sampah sesuai jenisnya. Hal ini dilakukan agar para penerus bangsa ini mampu menjaga kebersihan dan keindahan lingkunganya sehingga tercipta kehidupan yang nyaman.

Kota besar di Indobesia sangat identik dengan kotor dibandingkan dengan negara tetangga Singapura yang merupakan kota terbersih di Asia masih jauh. Namun tidak perlu pesimis, karena pembelajaran pengelolaan sampah dengan 3R (reduse, reuse dan recycle) yang diberikan kepada siswa diharapkan mampu membuka wawasan bagi siswa untuk peduli terhadap sampah dan kebersihan.

“Dari pembelajaran tentang pengelolaan sampah, dengan ini siswa bisa tahu betapa sangat pentingnya kebersihan lingkungan sekolah, jika lingkungan kotor dampak buruknya juga terjadi pada warga sekolah, bahkan penyakit pun juga akan mudah bersahabat dengan tempat-tempat yang kotor. Semoga dengan pembelajaran hari ini siswa sudah tersadarkan untuk membuang sampah pada tempatnya yang sudah di sediakan dari sekolah,” ungkap Deny Prabasworo selaku Guru.

Newsroom : Dwi Yuliani, CSF Malang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *