CEGAH PENURUNAN BERAT BADAN BALITA MELALUI PROGRAM SIAGA POSYANDU

Makassar, Rabu (7/6). Rumah Zakat bersama Cita Sehat Foundation kembali menggelar aksi Siaga Posyandu di ICD Tamalanrea Kampung Parang Makassar. Siaga Posyandu yang rutin diadakan sekali sebulan ini merupakan salah satu program unggulan dari Rumah Zakat dalam upaya peningkatan kesehatan masyarakat khususnya pada bayi dan balita.

Di ICD Tamalanrea sendiri, akhir-akhir ini banyak orang tua yang mengeluhkan anaknya mengalami penurunan berat badan. Alasannya pun berbagai macam, ada yang porsi makannya hanya sedikit, ada yang karena keseringan makan cemilan, ada yang memang tidak mau makan dan banyak lagi alasan orang tua tersebut.

Salah satu contoh pada balita di ICD Tamalanrea ini yang bernama Adibah (2) mempunyai berat badan 8,5 kg. Normalnya pada balita dengan usia 2 tahun seharusnya memiliki berat badan 9 kg sampai 13,6 kg.

Untuk itu hadirnya program Siaga Posyandu ini mengupayakan bagaimana kebutuhan gizi balita tetap terpenuhi dengan melakukan pemberian makanan tambahan (PMT), memotivasi balita untuk rajin makan biar tidak kurus dan sering mengontrol berat badan tiap bulan.

“Anak saya memang malas makan, justru keseringan makan cemilan dari pada makan nasi. Tapi dengan informasi yang diberikan saya akan upayakan juga agar anak saya bisa rajin makan. Terima kasih Rumah Zakat,” ujar ibu Marlina (35 tahun) orang tua dari Adibah (2 tahun) salah satu warga di Kampung Parang.

Newsroom : Ahmad Minolla, CSF Makassar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *