HARI ANAK NASIONAL : BENTUK KADER KEBUN GIZI ANAK-ANAK DI YOGYAKARTA

Yogyakarta, (16/7). Rumah Zakat bersama Cita Sehat mengajak anak-anak di wilayah binaan Desa Panggungharjo memperingati Hari Anak Nasional dengan cara memelihara Kebun Gizi yang berada di Sorowajan Dusun Glugo, Desa Panggungharjo, Yogyakarta. Sebanyak 20 orang anak yang berusia 7 hingga 13 tahun mengikuti kegiatan Hari Anak Nasional yang diisi dengan berbagai agenda.

Di lahan seluas 32 meter, anak-anak tersebut melakukan beberapa agenda diantaranya membersihkan area Kebun Gizi dan menanam sayuran berupa terong, lombok dan buah pepaya. Selain itu, mereka juga mempelajari cara bercocok tanam dan pentingnya Kebun Gizi yang disampaikan oleh Alfian, Public Health Cita Sehat Yogyakarta.

“Selain edukasi serta penanaman sayuran, kami beserta anak-anak juga sepakat membuat jadwal piket jaga Kebun Gizi. Mereka bertugas membersihkan dan merawat Kebun Gizi bergantian setiap harinya dan pada Hari Minggu diadakan kerja bakti seperti ini lagi, ” papar Alfian.

Alfian juga menambahkan bahwa pembuatan jadwal piket Kebun Gizi ini merupakan upaya membentuk kader Kebun Gizi anak-anak sebagai regenerasi agar mereka memahami pentingnya peran Kebun Gizi dalam pemenuhan nutrisi masyarakat.

 “Terimakasih untuk Rumah Zakat dan Cita Sehat sudah mendampingi kita untuk bersih-bersih kebun dan menanam sayur bersama. Kita akan rawat bersama sayurannya sampai bisa memanennya nanti,” ujar Nantan (12), salah satu peserta kegiatan.

Newsroom : Nurul Rahayu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *