INI LANGKAH AWAL CITA SEHAT DAN RZ TUNTASKAN DBD DI KOTA PEKANBARU

Pekanbaru, (18/2). Penyakit demam berdarah atau DBD memang tidak termasuk penyakit endemik di Kota Pekanbaru. Tetapi, curah hujan yang tinggi pada belakangan ini, tidak menutup kemungkinan semakin melonjaknya angka penderita penyakit yang disebabkan oleh nyamuk jenis aedes aegypti ini.

Berangkat dari hal tersebut, Cita Sehat sebagai salah satu organisasi non pemerintah yang bergerak di bidang kesehatan bersama RZ berniat untuk menanggulangi penyakit DBD di Kota Pekanbaru. Langkah awal yang diambil yaitu dengan sosialisasi.

Seperti yang baru-baru ini dilakukan di SD Negeri 19 Siak Hulu. Tim Siaga Sehat RZ bersaam Cita Sehat mendatangi salah satu Sekolah Dasar di Kota Pekanbaru untuk menggelar sosialisasi mengenai DBD.  Seluruh siswa SDN 19 mengikuti kegiatan terrsebut dengan penuh antusias.

“Kegiatan ini sebagai langkah awal untuk menuntaskan DBD di Kota Pekanbaru khususnya daerah Siak Hulu. Kami sengaja menyampaikan edukasi ini kepada siswa-siswi SD supaya mereka dapat mengetahui bahaya DBD sejak dini,” ungkap Rizki Amelia, PIC RZ Pekanbaru.

Kegitan dimulai pada pukul 8 pagi. Seluruh siswa dikondisikan untuk berkumpul di lapangan sekolah. Setelah suasana kondusif, Bidan Putri Utami menyapa para siswa dan memberikan materi seputar DBD. mulai dari pengertian, penyebab hingga cara pencegahannya.

“Saya menekankan pada aspek kebersihan lingkungan. Karena nyamuk biasa berkembang biak pada lingkungan yang kotor dan lembab. Dengan begitu, mereka dapat melakukan pencegahan demam berdarah dengan cara menjaga kebersihan lingkungan,” tutur Putri.

Newsroom : Nurul Rahayu

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *