Kebun Gizi Okura binaan Cita sehat foundation

Kebun gizi Okura yang di inisiasi oleh Cita sehat foundation sejak tahun 2014 di wilayah binaan Rumah zakat yang berada di Desa Tebing Tinggi okura/RW.03, Kecamatan Rumbai Pesisir, Pekanbaru Riau kini mulai menampakan hasilnya.

Sepak terjang ibu-ibu penggiat kebun gizi, diawal tahun 2015 memeras kepala, agar tanaman hidup karena cuaca pada saat itu memporak porandakan tanaman yg telah di tanam sebelumnya dengan menyisihkan sedikit lahan di samping rumah. Dan pada bulan kedua tanaman mulai tumbuh (kangkung), tampak terong berdaun rimbun menunggu berbuah. Disela padatnya agenda dirumah dan di kebun, ibu-ibu menyisihkan waktu untuk mendapatkan ilmu dari tim kebun gizi cita sehat.

kebungizi_okura_pku2 kebungizi_okura_pku1

Hingga pada bukan April 2015, untuk pertama kalinya kebun gizi okura panen sayuran kangkung. Saat ini hasil panen dijual ke klinik, hasil penjualan masuk kas kebun gizi yang dikelola oleh ibu-ibu penggiat kebun yang berjumlah 20 orang. Sayuran hasil panen siap untuk di bagikan kewarga sekitarnya, terutama ibu-ibu hamil dan menyusui untuk memenuhi kebutuhan gizi sehari-hari.

Pada bulan Mei 2015 kebun sudah memiliki beberapa variasi sayuran, seperti kangkung, salada, sawi, cabe, terong, tomat ceri,dll. Panen kedua ini lebih memberikan banyak manfaat untuk ibu – ibu dan warga okura, Khususnya di RW 3.

Selain bercocok tanam Kebun gizi, ibu-ibu warga okura setiap 2 pekan sekali mengikuti senam dan diselingi dengan cek kesehatan yang diselenggarakan oleh tim cita sehat foundation. Hal ini di lakukan untuk menumbuhkan kesadaran ibu-ibu untuk mengikuti salah satu indikator PHBS, yakni melakukan aktivitas fisik, senam salah satu aktivitas fisik yg menyenangkan. Dengan kegiatan-kegiatan seperti Ini diharapkan masyarakat sadar akan pentingnya hidup ber-PHBS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *