Lestarikan Pohon dengan Langkah Nyata

Pertama-tama, Cita Sehat ingin mengucapkan Selamat Hari Pohon Sedunia yang diperingati setiap tanggal 21 November. Peringatan ini sudah seharusnya untuk dijadikan momentum untuk kembali melihat manfaat pohon untuk berlangsungnya kehidupan.

Pohon merupakan salah satu elemen yang penting di bumi. Berbagai macam benda dihasilkan dari pohon. Mulai dari bahan bangunan, kertas, tisu dan masih banyak lagi. Pernah membayangkan bila tidak ada lagi pohon di bumi ini ?

Dalam memperingati Hari Pohon Sedunia, yuk lakukan langkah sederhana tapi nyata dalam melestarikan pohon diantaranya :

1. Kurangi penggunaan kertas. Kertas merupakan keperluan penting dalam berbagai kegiatan entah itu di sekolah, di kampus atau di kantor. Menurut Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, untuk memproduksi 1 rim kertas dibutuhkan satu batang pohon usia 5 tahun. Jadi, berapa batang pohon yang telah kita tebang untuk pembuatan kertas ?

2. Gunakan sapu tangan. Jika biasanya sahabat sehat sering menggunakan tisu bahkan hanya untuk sekedar membersihkan sedikit noda diwajah, cobalah untuk mulai beralih menggunakan sapu tangan. Karena menurut Forum Hijau Indonesia, 1 pohon yang berumur 6 tahun hanya dapat menghasilkan tisu sebanyak 40 lembar.

3. Mulai menanam pohon. Pohon merupakan sumber oksigen utama yang digunakan oleh makhluk hidup. Menurut Environment Canada, lembaga lingkungan nasional di Kanada menyatakan bahwa satu pohon menghasilkan hampir 260 pon oksigen setiap tahunnya. Sedangkan dua pohon dewasa dapat menyediakan oksigen yang cukup untuk keluarga yang beranggotakan empat orang.

Newsroom : Nurul Rahayu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *