Main Ular Tangga Bikin Pintar di PBS Yogyakarta

Yogyakarta, (23/11/16). Ya, permainan ular tangga merupakan permainan sederhana yang sering dimainkan oleh kalangan anak-anak. Tapi, ada yang beda dari ular tangga yang dimainkan oleh anak-anak dari Sekolah Dasar Wojo di Sewon Bantul ini. Alfian, Public Health Cita Sehat memberi nama permainan ini sebagai ular tangga gizi seimbang.

Dalam setiap kotak ular tangga yang berukuran 3×3 meter ini berisi satu gambar mengenai gizi seimbang. Para siswa dibagi menjadi beberapa kelompok. Setiap siswa akan melemparkan dadu raksasa yang telah disediakan. Lalu, siswa tersebut akan bergerak berpindah kotak sesuai angka mata dadu yang muncul. Eka Hardi Wirawan, peserta Pekan Berbagi Senyum (PBS) kali inilah  yang memimpin permainan dan juga memberikan penjelasan tentang gambar pada setiap kotak.

Menurut keterangan Alfian, permainan ini dibuat agar mempermudah para siswa dalam memahami materi gizi seimbang dan makanan sehat. Serta mudah dalam mengimplementasikannya. Dalam permainan ini para siswa dapat bermain sambil belajar. Tidak hanya sekedar bermain ular tangga, tapi mereka juga mendapat ilmu dari penjelasan gambar yang didapat.

“Senang sekali dapat menyapa anak-anak SD Wojo ini. Mereka sangat aktif dan bersemangat. Antusias mereka juga sangat tinggi. Bahkan saat menjelaskan, suara saya hampir kalah oleh suara mereka. Tapi tidak mengurangi keseruan kegiatan. Semoga saya dapat berpartisipasi lagi di PBS selanjutnya,” ungkap Eka Hardi.

Newsroom : Nurul Rahayu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *