PBS di ‘Kampung KB’

Balikpapan, (27/11/16). Pekan Berbagi Senyum (PBS) RZ yang dilaksanakan bersama Cita Sehat diselenggarakan di Balikpapan, Kalimantan Timur pada 27 November 2016 lalu di RT 42 Selili, Manggar, Balikpapan Timur.

PBS kali ini sedikit berbeda. Mayoritas warga yang datang untuk mengikuti kegiatan PBS adalah wanita. Hal ini dikarenakan Nurhayani, Amd, peserta PBS  yang memberikan penyuluhan tentang kehamilan. Selain itu, ia juga menyampaikan materi mengenai Keluarga Berencana (KB) serta penyuluhan mengenai cara mengatur jarak kehamilan tanpa menggunakan alat kontrasepsi. Setelah penyuluhan, warga yang hadir juga dapat melakukan pemeriksaan kesehatan berupa cek darah dan tensi.

Selain merupakan wilayah binaan RZ dan Cita Sehat, RT 42 Selili ini juga merupakan wilayah binaan BKKBN yang disebut sebagai “Kampung KB” dengan alasan, rata-rata pada setiap kepala keluarga terdapat 3 orang anak hingga lebih. Oleh sebab itu, materi penyuluhan ini dinilai sangat cocok untuk diberikan.

“Semoga dengan adanya penyuluhan singkat dari saya bisa memberikan manfaat bagi warga agar bisa mengatur jangka kelahiran dengan baik dan aman tanpa menggunakan alat kontrasepsi,” ujar Nurhayani.

Newsroom : Nurmi, CSF Balikpapan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *