SERUNYA BERTAMU KE SD JUARA YOGYAKARTA

Yogyakarta. Suasana ceria dan penuh semangat mulai terasa ketika saya memasuki gerbang SD Juara Yogyakarta yang berada di bilangan Komplek Masjid Al-Hidayah, Baciro, Gondokusuman. Saya Amalia bersama ketiga mahasiswa kedokteran gigi Universitas Gadjah Mada lainnya yaitu Novaria, Nisa Humairo, dan Nahdah Afifah mengunjungi SD Juara pada Hari Senin lalu (23/1).

Kedatangan kami bermaksud untuk melakukan sosialisasi mengenai kesehatan gigi dan mulut. Bersama Pak Alfian, Public Health Cita Sehat Yogyakarta, kami sampai di SD Juara sekitar pukul 07.30. Saat itu, siswa-siswi baru saja melaksanakan shalat dhuha. Jika biasa usai sholat dhuha mereka langsung kembali ke kelas masing-masing, kali ini Pak Alfian memberikan arahan kepada mereka agar berkumpul di lapangan terlebih dahulu.

Setelah semua siswa berkumpul, barulah saya dan teman-teman memperkenalkan diri kepada para siswa dan menyampaikan maksud kedatangan kami. Luar biasa, sambutan mereka sangat positif. Mereka sangat antusias dan terlihat sangat menantikan materi yang akan kami sampaikan.

Pertama-tama, kami menyampaikan materi tentang bagaimana gigi dan mulut itu bekerja. Setelah itu, menjelaskan tentang cara menyikat gigi yang baik dan benar. Tak lupa, alat peraga juga kami gunakan agar anak-anak semakin mudah memahami materi yang disampaikan.

Usai menyampaikan materi, saya bersama teman-teman melakukan pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut setiap siswa. Dan di akhir kegiatan, kami membantu Pak Alfian untuk membagikan susu dan sikat gigi kepada para siswa agar mereka semakin termotivasi untuk mempraktikkan cara menggosok gigi yang sudah diperagakan.

 “Tadi aku belajar tentang cara menyikat gigi yang benar. Belajarnya seru, pakai alat peraga jadi semakin mengerti. Kakak-kakaknya juga baik dan ramah. Kita juga dapat sikat gigi jadi makin semangat untuk rutin menyikat gigi. Nanti main ke sekolah kami lagi ya kak,” ujar Cinta, siswi kelas III ketika ditanya bagaimana kesan setelah mengikuti kegiatan.

Semoga, kedatangan kami dapat bermanfaat bagi para siswa khususnya dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut.

 

Newsroom : Nurul Rahayu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *