Program

WASH GOOD

 

Sanitasi merupakan salah satu faktor penyebab stunting, dengan air yang tercemar dan tata lingkungan yang tidak bersih
membuat Ibu hamil rentan sakit dan menggangu pertumbuhan janin, begitupun pada balita

Program ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan bagi ibu dan anak melalui penyediaan fasilitas air minum dan sanitasi yang layak

Latar Belakang

Data Kementerian Kesehatan menyebutkan pada tahun 2015 dari total 83.931 Desa, yang telah melaksanakan stop BABS (Stop buang air besar sembarangan) sebanyak 5.447 desa (Kemenkes, 2020). Dua tahun berikutnya atau pada tahun  2017  jumlahnya  meningkat  menjadi 9.212 Desa. Sementara akses masyarakat pada sanitasi pada tahun 2015 sebesar 56,08%, pada tahun 2016 meningkat 71,14%. Dari data tersebut diketahui bahwa terdapat ketimpangan antara meningkatnya pembangunan fasilitas sanitasi, akan tetapi meningkat kembali juga kebiasaan masyarakat buang air sembarangan.

Dari kondisi tersebut, perlu adanya optimalisasi dari program yang sudah dirancang oleh pemerintah salah satunya “WASH GOOD” merupakan program yang diinisiasi oleh Cita Sehat merupakan perpaduan program WASH dan STBM untuk menunjang dan mengoptimalkan segala kegiatan yang berkaitan dengan kesehatan lingkungan terutama pada sanitasi.