fbpx

1 dari 3 remaja Indonesia memiliki masalah kesehatan mental

*Survei Indonesia National Adolescent Mental Health Survey (I-NAMHS, Oktober 2022)

gandeng kawan

Berdasarkan hasil survei Indonesia National Adolescent Mental Health Survey (I-NAMHS, Oktober 2022), sebanyak satu dari tiga remaja berusia 10-17 tahun di Indonesia memiliki masalah kesehatan mental dalam 12 bulan terakhir. Jumlah itu setara dengan 15,5 juta remaja di dalam negeri.

Dengan adanya isu Kesehatan mental remaja tersebut, Cita Sehat Foundation melalui Gandeng kawan hadir untuk memberikan edukasi seputar kesehatan mental dengan gaya komunikasi yang ringan dan santai, dengan harapan remaja Indonesia dapat lebih mengerti seputar kesehatan mental.

Tujuan Program

Meningkatkan pengetahuan dan pemahanan seputar kesehatan mental pada remaja melalui edukasi ke sekolah-sekolah, sehingga mereka dapat menjaga kesehatan mentalnya sendiri dan dapat mengisi aktivitasnya lebih positif dan lebih produktif lagi.

Studi Kasus

Studi kasus program Gandeng Kawan dilakukan dengan tujuan untuk menilai dampak program pada penerima manfaat.

Metode pengukuran dampak program dilakukan dengan menggunakan alat berupa kuesioner yang berisi sejumlah pertanyaan dengan beberapa opsi jawaban benar/salah dan pilihan ganda. Setiap partisipan program diminta untuk mengisi kuesioner yang diberikan beserta dengan identitas yang diperlukan. Seluruh data kuesioner akan melalui proses validasi untuk menjaga penilaian dampak program yang sesuai dengan implementasi di lapangan. Berikut adalah hasil dampak program Gandeng Kawan di salahsatu sekolah menengah pertama di kota Bandung.

Kesimpulan

Dampak

Dari analisa data yang dipaparkan di atas, dapat disimpulkan bahwa:

Program Gandeng Kawan berpengaruh cukup signifikan pada peningkatan pengetahuan seputar isu gangguan kecemasan.
• Peningkatan pengetahuan remaja sebesar 13% pada pengukuran before dan after intervensi program.

Remaja Teredukasi

%

Peningkatan pengetahuan pada partisipan program

mental health awareness teenager in Indonesia cita sehat

Peluang Sinergi

Intervensi dini dan mempromosikan literasi kesehatan mental dapat memberikan dampak positif yang bertahan lama pada kehidupan remaja.

Mendukung program kesadaran kesehatan mental kami akan berkontribusi secara signifikan untuk mengatasi masalah kritis ini dan memastikan kesejahteraan generasi berikutnya.

Mari bersama dukung program Gandeng Kawan untuk generasi muda Indonesia yang lebih baik.

Info Lebih Lanjut

7 + 10 =