CARE FOR TEENS

Berdasarkan data UNICEF, 1 dari 4 anak perempuan di Indonesia tidak pernah mendapatkan informasi tentang menstruasi sebelum mengalami menstruasi pertama.

Data SDKI 2017 menunjukkan bahwa 1 dari 5 anak perempuan tidak mengetahui bahwa menstruasi adalah tanda bahwa secara fisik mereka sudah bisa hamil.

Poling UNICEF Indonesia juga menunjukkan bahwa 1 dari 5 anak perempuan di Indonesia mengalami kesulitan dalam mengakses maupun membeli pembalut, dan 1 dari 10 merasa malu dan kekurangan privasi dalam mengakses sarana sanitasi menstruasi.

 

Cita Sehat Foundation menyelenggarakan edukasi ke sekolah-sekolah yang bertujuan untuk mencerdaskan anak dan remaja tentang kesehatan reproduksi dan bahaya pergaulan bebas remaja melalui program “Care For Teens”

Konsep Program

Care for teens merupakan program yang digulirkan sebagai bentuk kepedulian terhadap permasalahan remaja Indonesia.

Program ini berupaya untuk meningkatkan pengetahuan kesehatan remaja Indonesia khususnya pada pendidikan seksual dan bahaya anemia pada remaja.

Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk pemberian edukasi kepada siswa sekolah dengan metode ceramah/seminar secara face to face, diskusi dan simulasi. Proses penyuluhan atau edukasi seksual didukung dengan media audio, visual, dan video.

Dalam program ini, remaja mendapatkan

  1. Pendidikan kesehatan remaja yaitu pendidikan seksual meliputi puberty class (untuk anak usia SD) dan kesehatan reproduksi (untuk remaja SMP)
  2. Simulasi pemasangan pembalut
  3. Simulasi pengenalan perbedaan cairan yang berasal dari alat reproduksi: air seni, darah, dan sperma.
  4. Paket makanan sehat bergizi

Studi Kasus

Studi kasus program Care For Teens dilakukan dengan tujuan untuk menilai dampak program pada penerima manfaat.

Metode pengukuran dampak program dilakukan dengan menggunakan alat berupa kuesioner yang berisi sejumlah pertanyaan dengan beberapa opsi jawaban benar dan salah. Setiap partisipan program diminta untuk mengisi kuesioner yang diberikan beserta dengan identitas yang diperlukan.

Seluruh data kuesioner akan melalui proses validasi untuk menjaga penilaian dampak program yang sesuai dengan implementasi di lapangan.

Berikut adalah hasil dampak program Care For Teens pada salah satu sekolah negeri di Kabupaten Bandung.

Kesimpulan

Dari analisa data yang dipaparkan di atas, dapat disimpulkan bahwa

  • Program Care For Teens berpengaruh secara signifikan pada peningkatan pengetahuan kesehatan reproduksi pada anak dan remaja.
  • Peningkatan pengetahuan anak dan remaja sebesar 30% pada pengukuran before dan after intervensi program.

 

edukasi kesehatan reproduksi anak dan remaja di indonesia

Dampak Program

Anak & Remaja Teredukasi

%

Peningkatan Pengetahuan Pada Partisipan Program

%

Anak & Remaja Puteri

Peluang Sinergi

Care For Teens dirancang sebagai program yang dapat mengakomodir layanan kesehatan remaja. Program ini diharapkan dapat membantu mencegah dan melindungi remaja dari perilaku seksual berisiko. Care For Teens juga diharapkan dapat menjadi fondasi dalam mempersiapkan remaja untuk menjalani kehidupan reproduksi yang sehat dan bertanggung jawab yang meliputi persiapan fisik, psikis, dan sosial untuk menikah dan menjadi orang tua pada usia yang matang.

Cita Sehat Foundation mengajak seluruh pihak untuk turut berkontribusi dalam program Care For Teens untuk memberikan edukasi pada anak dan remaja Indonesia dalam edukasi kesehatan reproduksi sehingga terciptanya generasi masa depan bangsa yang lebih sehat dan produktif.

 

Donasi Anda akan turut berkontribusi dalam edukasi kesehatan reproduksi anak dan remaja Indonesia.

Info Lebih Lanjut

10 + 12 =