fbpx

Dusun Sidoarjo Desa Klumpang Kebun Medan menjadi salah satu desa yang mendapatkan intervensi Program Desa Binaan yang diinisiasi oleh Cita Sehat Foundation (CSF). Melalui 4 program utama yakni Senam Sehat, Pemeriksaan Metabolik, Kebun Gizi, dan Edukasi Gizi.

Pentingnya Menjaga Kesehatan

Dusun Sidoarjo Desa Klumpang Kebun adalah desa dengan penduduk yang mayoritas bekerja sebagai petani dan buruh pabrik. Meskipun memiliki potensi alam yang melimpah, tingkat kesehatan masyarakat masih menjadi tantangan utama, terutama dalam hal penyakit tidak menular (PTM).

Menurut Kemenkes RI, Penyakit Tidak Menular (PTM) adalah penyakit yang tidak ditularkan dan tidak ditransmisikan kepada orang lain dengan bentuk kontak apapun. Beberapa penyakit yang tergolong tidak menular antara lain penyakit jantung, kanker, diabetes, penyakit paru dan stroke.

Penyakit ini menyebabkan kematian sekitar 35 juta manusia setiap tahunnya atau 60% dari seluruh kematian secara global. Menurut Global Burden of Disease (2017) dalam RPJMN 2020-2024, enam dari sepuluh peringkat teratas penyakit tahun 2017 di Indonesia diduduki oleh penyakit tidak menular.

Gaya hidup urban yang cepat dan perubahan pola makan berkontribusi pada peningkatan prevalensi penyakit-penyakit tersebut. Oleh karena itu, pendekatan pencegahan dan edukasi kesehatan menjadi krusial untuk mengurangi beban penyakit kronis ini

Program Desa Sehat oleh Cita Sehat Foundation hadir sebagai bukti nyata dalam mewujudkan misi CSF yaitu “meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya hidup sehat”. Program Desa Sehat ini menggunakan pendekatan secara holistik yang melibatkan seluruh lapisan masyarakat.

Pelaksanaan Program

1. Senam Sehat
Kegiatan senam sehat diadakan setiap dua pekan sekali di lapangan Desa Klumpang Kebun. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kebugaran dan kesehatan fisik masyarakat. Senam Sehat diikuti oleh berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga lansia. Selain meningkatkan kebugaran, kegiatan ini juga menjadi ajang silaturahmi dan mempererat hubungan antar warga.

2. Pemeriksaan Metabolik
Untuk mendeteksi dan mencegah penyakit metabolik seperti diabetes, hipertensi, dan kolesterol tinggi, Cita Sehat Foundation mengadakan pemeriksaan metabolik rutin. Pemeriksaan ini mencakup tes gula darah, tekanan darah, dan asam urat.

3. Edukasi Kesehatan
Edukasi kesehatan dilakukan untuk memperbaiki kesehatan masyarakat dengan membuat masyarakat peduli terhadap pola perilaku dan pola hidup yang dapat mempengaruhi kesehatan. Kegiatan ini sebagian besar diikuti oleh lansia dan dilaksanakan setelah melakukan pemeriksaan metabolik. Edukasi kesehatan dilaksanakan setiap bulannya dengan materi yang berbeda. Materi yang diberikan berupa pola makanan sehat dan bergizi, bahaya penyakit diabetes dan hipertensi dll.

4. Kebun Gizi
Kebun Gizi adalah inisiatif CSF untuk memberdayakan masyarakat melalui pertanian berkelanjutan. Dalam program ini warga diajarkan cara menanam sayuran dengan metode organik. Jenis sayuran yang ditanam oleh masyarakat adalah bayam, kangkung, terong ungu dan sawi.

Di awal periode program kebun gizi ini, warga masih dalam proses adaptasi dalam mempelajari skill bertanam yang baru didapatkan. Karena itu pada tahap satu ini, hasil kebun gizi belum memberikan hasil optimal. Dari empat jenis sayuran yang ditanam, warga baru bisa berhasil memanen bayam. Hasil panen lalu dibagikan kepada anggota kelompok kebun gizi untuk dimasak dan dikonsumsi oleh keluarga masing-masing.

Dampak Program

Program Desa Sehat di Dusun Sidoarjo Desa Klumpang Kebun telah memberikan dampak positif bagi masyarakat. Berikut adalah beberapa dampak positif dari program desa binaan:

  • Peningkatan pengetahuan kesehatan

Meningkatkan pemahaman tentang penyakit tidak menular, termasuk definisi, ciri-ciri dan cara mencegahnya.

  • Membangun kebiasaan olah raga

Dengan membuat jadwal olah raga rutin, diharapkan dapat menumbuhkan kebiasaan baru bagi warga.

  • Memperkuat Interaksi Sosial

Kegiatan berkebun dan senam bersama dapat mempererat hubungan, membangun rasa kebersamaan, dan meningkatkan solidaritas antar warga.

  • Potensi Meningkatkan Ketahanan Pangan di Keluarga

Meskipun kebun gizi belum memberikan hasil panen yang signifikan, keberadaan program ini dapat membantu meningkatkan penghijauan di area sekitar dan mendukung praktik pertanian berkelanjutan. Jika kemampuan berkebun menjadi lebih baik, program ini dapat berpotensi untuk meningkatkan ketahanan pangan keluarga.

Program Desa Sehat di Dusun Sidoarjo Desa Klumpang Kebun menunjukkan bagaimana pendekatan holistik dalam bidang kesehatan dapat membawa perubahan positif yang berkelanjutan. Cita Sehat Foundation berkomitmen untuk terus mendukung dan mengembangkan program ini di desa lain guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Program ini sangat bermanfaat bagi saya. Saya merasa lebih sehat dan bugar setelah rutin mengikuti senam dan juga bisa mengetahui kondisi kesehatan saya. Terima kasih Cita Sehat Foundation.
Ibu Rustiani

Warga, Desa Klumpang Kebun

Penulis: Nendi Permana
Editor: Susilowati S.Gz
Redaktur: Asih Dwi S.Kep