Jakarta (31/12). Stunting merupakan masalah kurang gizi kronis yang ditandai dengan perawakan tubuh yang pendek. Penderita stunting umumnya rentan terhadap penyakit, memiliki tingkat kecerdasan dibawah normal, serta memiliki produktivitas yang rendah. Penyebab dari stunting itu sendiri adalah karena rendahnya asupan gizi pada 1.000 hari pertama kehidupan, yakni sejak janin hingga bayi usia 2 tahun. Selain itu, buruknya fasilitas sanitasi, minimnya akses air bersih, dan kurangnya kebersihan lingkungan juga menjadi penyebab stunting. Kondisi kebersihan yang kurang terjaga membuat tubuh harus secara ekstra melawan sumber penyakit sehingga menghambat penyerapan gizi (P2PTM Kemenkes)

Baitul Maal Telkomsel Akses bekerjasama dengan Cita Sehat melalui Klinik Cita Sehat Jakarta Timur melakukan program pemberian makanan tambahan (PMT) kepada para bayi dan balita di Kelurahan Klender sebagai salah satu upaya pencegahan stunting.

Kegiatan pengentasan stunting ini dilakukan pada tanggal 13 Desember 2022 di Posyandu Mawar I dan 20 Desember 2022 di Posyandu Mawar II Kel. Klender, Jakarta Timur. Kegiatan dilakukan dengan melakukan edukasi tentang stunting kepada para orangtua, pengukuran lingkar kepala bayi, pengukuran tinggi badan, pengukuran berat badan, dan pemberian makanan tambahan (PMT) kepada 273 bayi dan balita.

PMT yang diberikan berupa buah Jeruk sebagai sumber vitamin C, bubur kacang sebagai sumber lemak dan zat besi yang penting bagi pertumbuhan bayi dan balita, juga susu UHT sebagai variasi PMT para balita yang sudah berusia lebih dari 2 tahun.

Para ibu yang hadir dalam kegiatan pengentasan stunting menyampaikan rasa terimakasihnya, semoga para bayi dan balita di Kelurahan Klender bisa terhindar dari stunting dan menjadi generasi cerdas dan aktif di masa mendatang

Simak berita kegiatan Cita Sehat lainnya disini.