Laporan Dampak Program Stunting

Di tengah tantangan gizi yang dihadapi masyarakat, Cita Sehat telah memberikan kontribusi berarti melalui program “one day one egg”. Program ini tidak hanya menyediakan asupan protein untuk anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, tetapi juga memberikan edukasi kepada masyarakat tentang bahaya nya masalah kekurangan gizi untuk pertumbuhan anak.

Salah satu desa yang menjadi focus intervensi program ini adalah desa Bibis Timbulharjo Sewon Bantul Yogyakarta. Cita Sehat bekerja sama dengan berbagai stakeholder dan pihak terkait lainnya untuk menjalankan program “one day one egg”

Pengentasan stunting oleh Cita Sehat di Gunung Kidul

Konsep Program

Penerima ManfaatWho

Cita Sehat melakukan intervensi kepada 15 balita

ProgramWhat

One day one egg

Periode When

Februari – April 2024

LokasiWhere

Dusun Bibis Timbulharjo Sewon Bantul

Latar BelakangWhy

Stunting adalah gangguan pertumbuhan yang terjadi pada anak-anak di bawah 5 tahun dan memiliki dampak terhadap pertumbuhan fisik mereka. Sebagian orang, mungkin belum familiar dengan istilah ini, tetapi kasus stunting sering terjadi di Indonesia.

Stunting adalah masalah kesehatan anak akibat gizi buruk, terutama jika berlangsung dalam jangka waktu yang lama. Faktor penyebabnya dapat berasal dari malnutrisi pada ibu hamil atau selama masa pertumbuhan anak.

Gejala stunting paling umum yang terlihat pada anak adalah tinggi badan yang lebih pendek dibandingkan dengan anak-anak sebaya. Meskipun postur tubuh anak dipengaruhi oleh berbagai faktor, stunting menunjukkan adanya keterlambatan pertumbuhan yang memerlukan perhatian serius,

Cita Sehat berkontribusi dalam pengentasan stunting di berbagai wilayah di Indonesia, salah satunya di wilayah sewon, Bantul Yogyakarta. Ada 15 balita yang menjadi penerima manfaat program One Day One Egg ini.

Tim Cita Sehat yang diwakili oleh tim Klinik Pratama Cita Sehat Yogyakarta melakukan pendampingan kepada 15 balita dan keluarga selama Februari – April 2024. Program ini dilakukan setelah mendapatkan persetujuan dari keluarga penerima manfaat.

Pelaksanaan ProgramHow

Intervensi yang dilakukan tim Klinik Cita Sehat Yogyakarta dilakukan dengan 2 cara pendampingan yaitu:

  • Pendampingan sosial keluarga sebagai orang terdekat dari 15 balita
  • One Day One Egg: pemberian protein hewani setiap hari

 

Pendampingan sosial

Pendampingan sosial diawali dengan dilakukannya assessment kepada keluarga 15 balita, setelah dilakukan assessment, tim Klinik Cita Sehat Yogyakarta memberikan edukasi tentang bahaya dan cara mencegah stunting pada anak. Pendampingan ini juga memberikan edukasi tentang hidup bersih, salah satunya dengan rajin mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir setiap kali balita akan makan. Proses pendampingan ini disambut baik oleh pihak keluarga.

 

One Day One Egg

15 Balita mendapatkan asupan protein hewani berupa satu telur setiap hari dengan berbagai olahan. Setiap pemberian telur, tim Klinik Cita Sehat akan memastikan agar 15 balita tersebut menghabiskan telur tersebut.

Hasil Program

Program intervensi stunting di desa Bibis Timbulharjo Sewon Bantul Yogyakarta yang telah berjalan selama 3 bulan dalam periode Februari – April 2024 memberikan dampak yang cukup menggembirakan. Dari 15 balita yang telah di intervensi oleh tim Klinik Cita Sehat Yogyakarta, sebanyak 10 balita mengalami kenaikan berat badan , 2 balita stagnan dan 3 balita mengalami penurunan berat badan. 3 balita yang mengalami penurunan berat badan dikarenakan pada periode februari – april 2024 sempat mengalami sakit. Selain berat badan balita, tim Klinik Cita Sehat Yogyakarta juga mengukur dari tinggi badan balita. Dari 15 balita semua mengalami kenaikan tinggi badan.

Keluarga mengungkapkan rasa terima kasih kepada tim Cita Sehat yang telah mendampingi balita nya sehingga status kesehatannya menjadi lebih baik dari sebelumnya.